Sukses

Lakukan Teknik Pernapasan Ini untuk Tidur Nyenyak dalam 1 Menit

Begini trik yang bisa Anda lakukan untuk dapat tidur nyenyak dalam waktu satu menit saja.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki waktu tidur yang berkualitas tentu sangat penting bagi setiap individu. Namun, tak sedikit individu mengalami gangguan tidur di malam hari. Hal ini tentunya dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

 

Melansir dari Daily Record, Selasa (2/3/2021), sebuah studi yang dilakukan oleh King's College London pada Mei tahun lalu menemukan bahwa hampir dua pertiga orang di Inggris mengatakan tidur mereka semakin buruk akibat krisis pandemi Covid-19.

Namun jangan khawatir, pasalnya seorang ahli mengklaim telah menemukan satu-satunya metode terbaik untuk dapat tidur nyenyak hanya dalam waktu satu menit.

Dr Andrew Weil, seorang spesialis dalam pengobatan integratif di Universitas Arizona, mengatakan bahwa metode 4-7-8 yang juga dikenal sebagai 'napas santai' adalah kunci tidur malam yang nyenyak.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik 4-7-8

Meskipun metode ini paling dikenal untuk membantu pengidap insomnia, metode ini juga dapat membantu menenangkan pikiran yang stres, mengelola kecemasan, dan mengendalikan respons amarah dengan memaksa detak jantung Anda melambat.                   

Kepada MedicalNewsToday, Dr Weil berkata, "Ini adalah satu-satunya metode terbaik yang saya temukan untuk menangani kembali tidur jika Anda bangun di tengah malam."

3 dari 3 halaman

Caranya

Teknik ini mengharuskan Anda menghirup udara melalui hidung selama empat detik, menahan napas selama tujuh detik dan menghembuskan napas perlahan selama delapan detik. Kemudian ulangi sampai Anda tertidur.

Dr Weil menyarankan untuk menggunakan teknik ini dua kali sehari untuk mulai melihat manfaatnya. Dia mengatakan bahwa Anda mungkin mulai merasa pusing setelah melakukan ini beberapa kali pertama tetapi itu sepenuhnya normal.

Untuk mencegahnya, coba lakukan dengan berbaring atau duduk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.