Sukses

Kerap Diabaikan, Berapa Kali Sebaiknya Kita Mencuci Wajah dalam Sehari?

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya tubuh, kesehatan kulit wajah juga tentu patut Anda perhatikan. Baik pria atau wanita penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk tetap menjaganya, Anda perlu melakukan serangkaian perawatan wajah.

Mencuci wajah merupakan langkah paling sederhana untuk merawat kulit wajah. Meski terbilang simpel, tak jarang banyak orang seringkali melakukan kesalahan dalam melakukannya.

Hal ini dikarenakan tak banyak yang memperhatikan secara detail seberapa sering harusnya Anda mencuci wajah. Ya, rupanya frekuensi mencuci wajah berdampak besar pada kesehatan kulit wajah.

Berikut frekuensi mencuci wajah yang harus Anda perhatikan agar kulit tampak cerah, dilansir dari Bestlife:

 

2 dari 6 halaman

Satu Kali dalam Sehari

Langkah ini bisa dicoba, namun sayangnya cuci muka sekali dalam sehari belum bisa menjamin kulit Anda benar-benar bersih. Sekilas memang muka tampak lebih cerah, tetapi itu belum dapat menghilangkan minyak alami kulit Anda jika tidak menambahkan pencucian kembali di malam hari. 

Menurut dokter kulit di Miami, Todd Minars, memang benar secara realistis Anda cukup mencuci muka sekali dalam sehari. Namun jika kulit Anda memiliki masalah khusus, mungkin langkah cuci muka bisa diulang di pagi harinya sebelum beraktivitas. 

Sebagian besar dari kita saat tidur memiliki wajah yang bersih karena telah menghilangkan kotoran atau riasan hari itu jadi saya cenderung berpikir bahwa di pagi hari Anda tidak perlu mencuci wajah secara menyeluruh di luar rutinitas mandi normal Anda,” jelasnya.

 

3 dari 6 halaman

Dua Kali dalam Sehari

Standarnya, kebanyakan orang melakukan cuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Frekuensi ini dirasa cukup efektif untuk semua jenis kulit dalam memulainya di pagi hari dan menutupnya menjelang tidur.

Langkah ini diyakini mampu menghilangkan riasan, kotoran, dan residu usai melakukan aktivitas di luar rumah yang memungkinkan wajah terpapar polusi.

Dokter kulit Miami Loretta Ciraldo, baru-baru ini berbagi dengan Allure, "Pembersihan dua kali sehari menghilangkan polutan dan iritasi yang terpapar pada kulit kita, bahkan saat kita tidur."

Seperti yang dijelaskan Ciraldo, polusi dan iritasi kerap ditemui di sarung bantal dan kasur Anda sehingga perlu pembilasan yang ekstra di pagi hari, bahkan jika Anda sudah mencucinya sebelum tidur.

 

4 dari 6 halaman

Tiga Kali dalam Sehari

Sebagian orang berpikir, pengulangan ini dirasa terlalu berlebihan dan sangat sulit dilakukan bagi mereka yang malas dan cuek terhadap kesehatan wajahnya.

Ahli kulit yang berbasis di New York City Hadley King, mengatakan kepada Insider bahwa Anda harus menambahkan tahapan pembersihan ekstra ke dalam rutinitas setelah melakukan olahraga berat.

Ini berarti jika Anda biasanya mencuci dua kali sehari, usahakan untuk mencucinya menjadi tiga kali jika Anda pergi ke gym karena banyaknya keringat. 

5 dari 6 halaman

Tidak Pernah Mencuci Wajah

Mungkin hal ini sering terjadi pada sebagian besar orang. Tidak mencuci wajah seharian membuat wajah Anda menjadi tidak segar dan membuat tumpukan kotoran memenuhi pori-pori kulit. Anehnya bagi sebagian orang yang mempraktikkan langkah ini mereka justru mengungkapkan bahwa melewatkan cuci muka justru dapat mengembalikan kilau alami pada wajah mereka. Namun persepsi itu segera dibantah oleh King, menurutnya kondisi itu tidak dapat disamakan dengan semua jenis kulit. 

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, ya, pori-pori Anda akan tersumbat dan timbulnya jerawat jika Anda tidak mencuci muka secara teratur,” kata King.

Begitu pula sebaliknya, jika kulit Anda dirasa sehat dan tidak memiliki keluhan apapun langkah ini bisa dicoba dan tidak akan menimbulkan jerawat. Ada syarat lain, dalam kondisi dipenuhi riasan langkah ini tidak dianjurkan. Anda bahkan harus menggunakan pembersih makeup untuk menghilangan sisa produk sebelum mencucinya.

Penulis:

Ignatia Ivani

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: