Sukses

4 Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Usai Berolahraga

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kondisi kulit jadi salah satu hal yang penting setelah menjalani berbagai aktivitas. Satu di antaranya adalah mengenai perawatan wajah setelah Anda selesai olahraga.

Dilansir dari laman Times of India, Kamis, 3 Desember 2020, ada beberapa tips yang dapat Anda ikut untuk menutrisi kulit kembali sehat. Usai olahraga, skincare tentunya akan membuat kulit Anda kembali rileks.

Apa saja tips merawat wajah yang wajib dilakoni setelah olahraga? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Kebersihan kulit di masa pandemi corona Covid-19

Menjaga kebersihan di masa pandemi corona Covid-19 jadi satu hal yang selalu diutamakan. Pastikan memberiskan semua peralatan sebelum dan sesudah menggunakannya. Selalu ingat untuk mencuci tangan setiap ada waktu dan hindari menyentuh wajah ketika berolahraga.

Bakteri berkembang biak pada peralatan yang berkeringat dan jika Anda menyentuh wajah Anda, Anda hanya mentransfer kuman langsung ke kulit Anda. Hal ini akan menyebabkan jerawat dan infeksi kulit.

2. Cleansing

Hal pertama yang harus Anda lakukan usai olahraga adalah membersihkan kulit dari semua kotoran. Semakin lama keringat tertinggal di tubuh dan wajah Anda, semakin tinggi kemungkinannya masuk ke pori-pori Anda dan menarik sel-sel kulit mati dan bakteri. Ingat juga untuk mandi air hangat-hangat kuku, gunakan sabun mandi ringan dan pembersih wajah.

2 dari 4 halaman

3. Lembapkan kulit sebelum dan sesudah olahraga

Menjaga kelembapan kulit Anda adalah kunci untuk menjaganya tetap tenang saat mengeluarkan keringat. Hal ini akan menenangkan kemerahan dan gatal setelahnya.

Anda mungkin masih menemukan kulit menjadi merah setelah olahraga, tetapi itu karena Anda berkeringat. Maka itu, setelah Anda selesai membersihkan kulit secara menyeluruh, Anda perlu melembapkan kulit guna menutup pori-pori terbuka.

4. Jauhkan makeup

Makeup hanya berfungsi sebagai musuh jika Anda memadukannya dengan keringat dan kotoran. Hal tersebut membuat tempat berkembang biak yang sempurna untuk jerawat.

Hapus makeup Anda sebelum berolahraga. Keringat yang bercampur dengan kotoran, minyak, dan riasan hanya akan menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Bebas dari makeup akan membuat kulit Anda bernafas. Anda dapat menyemprotkan air mawar setelah olahraga untuk menjaga kulit Anda bersinar dan sehat.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: