Sukses

Eksperimen Ini Buktikan Ada Jutaan Bakteri pada Uang Kertas, Bikin Bergidik

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, uang memiliki peranan penting sebagai alat tukar di setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan. Uang terdiri dari dua jenis yaitu uang kertas dan uang logam.

Ketika melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan uang khususnya uang kertas, ada baiknya kalian segera mencuci tangan menggunakan sabun.

Hal ini mengingat bahwa uang kertas telah berpindah ke banyak tangan sehingga bukan hal yang mustahil jika uang menjadi sarang kuman dan bakteri.

Meski tak terlihat dengan mata telanjang, rupanya ada jutaan bakteri yang ada pada setiap lembar uang kertas. Ini dibuktikan oleh sebuah eksperimen yang baru-baru ini viral.

2 dari 5 halaman

Uang dimasukkan ke dalam gelas

Sebuah akun Instagram @lic_experiment mencoba membuktikan bahwa uang kertas adalah “rumah” bagi banyak bakteri dan kuman.

Pada video yang diunggah ulang akun Twitter @repvblikvideo, terlihat awalnya beberapa uang kertas dimasukkan ke dalam sebuah gelas.

“Apakah kamu tahu, uang yang biasa kalian gunakan sehari-hari mengandung banyak sekali bakteri?” kata pria yang melakukan eksperimen tersebut.

Gelas tersebut lantas diberi air dan dibiarkan selama 3-5 jam.

3 dari 5 halaman

Terdapat begitu banyak kuman

Setelah itu, satu tetes air rendaman uang tersebut diambil untuk dilihat di bawah mikroskop.

Betapa mengejutkan, hasilnya terlihat begitu banyak bakteri dan juga kuman yang terdapat pada satu tetes air rendaman itu.

“Coba lihat, di dalam satu tetes tadi mungkin terdapat miliaran bakteri. Jadi terus hati-hati dan rajin cuci tangan,” imbau pria tersebut.

Dalam waktu singkat video tersebut langsung mencuri perhatian warganet hingga mendapat beragam komentar.

"Sebelum coronce menyerang, bapake dari jaman dulu selalu bilang cuci tangan abis megang duit," tulis akun @mrlnatalia.

"Terlepas dari medianya yang menunjang bakteri makin cepat berkembang, memang uang itu kotor so that why jarang banget pegang uang cash selain menghindari pemborosan jajan gajelas hihi," timpal @kkooppiikkooke.

"Alasan aku jarang pegang uang," kata pemilik akun @ciptaniaaadw.

4 dari 5 halaman

Videonya

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: