Sukses

5 Alasan Punya Pasangan yang Menerima Segala Perubahan di Tubuh Anda adalah Hal yang Langka

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang merasa tak nyaman dengan tubuh mereka. Ini ditunjukkan secara terang-terangan atau diam-diam.

Citra tubuh negatif faktanya dapat memengaruhi harga diri dan dapat menyebabkan gangguan makan atau bahkan depresi. Dalam situasi ini, pasangan yang tak dapat mendukung secara fisik dan mental dapat membuat Anda merasa lebih buruk lagi.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang didasarkan pada penerimaan penuh satu sama lain. Dan memiliki pasangan yang menerima segala perubahan fisik pada tubuh Anda adalah hal yang langka sekarang.

Melansir dari Brightside.me, ini beberapa sebabnya.

 

2 dari 6 halaman

Ini tentang ketertarikan fisik

Citra tubuh memainkan peran penting dalam masyarakat kita, sulit untuk menyangkal ini. Meski orang-orang mulai membela diri mereka sendiri dan belajar menerima kekurangan diri, tekanan utnuk terlihat sempurna masih ada.

Sayangnya, seringkali orang jatuh cinta karena menemukan ketertarikan fisik pada seseorang. Padahal hubungan mental juga amat penting.

 

3 dari 6 halaman

Waktu membawa perubahan

Hubungan yang dibangun di atas ketertarikan fisik murni berarti bahwa itu mungkin tidak berlangsung lama. Tubuh kita cenderung berubah seiring bertambahnya usia dan tak selalu seperti yang kita inginkan.

Stres, obat-obatan, penyakit, kondisi mental, dan bahkan penuaan menjadi risiko bagi kita. Membuat kita tampak lebih buruk atau lebih gemuk dari sebelumnya.

 

4 dari 6 halaman

Buat semuanya jelas

Alih-alih terlalu fokus pada perubahan di tubuh pasangan Anda, Anda bisa mencoba mendorong mereka untuk menyukainya. Jujurlah dengan pasangan Anda. Cari tahu apa yang menyebabkan hal tersebut dan apa yang mengganggunya.

Anda dapat membuat rencana untuk memperbaiki situasi bila melakukannya bersama-sama. Sebab, bila perubahan dalam tubuh pasangan tak dapat dengan mudah dikendalikan, tak berarti Anda harus bercintai mencintainya dan pergi begitu saja.

 

5 dari 6 halaman

Pelajari cara menerima tubuh mereka

Ini mungkin tampak seperti ujian nyata bagi hubungan Anda. Satu-satunya cara untuk melewatinya adalah belajar untuk benar-benar mencintai setiap detail tentang pasangan Anda.

Juga, tugas Anda adalah mengajari mereka cara menerima diri sendiri dan meyakinkan mereka bahwa perasaan Anda sama kuatnya seperti dulu. Bagaimanapun, sifat negatif Anda terhadap tubuh mereka hanya bisa menyakiti tubuh mereka dan secara signifikan menurunkan harga diri mereka.

 

6 dari 6 halaman

Tumbuh bersama

Hal penting yang perlu Anda pelajari untuk memiliki hubungan yang sehat adalah mencintai pasangan Anda apa adanya. Menyukai mereka sebagai seseorang berarti tak hanya mengetahui dan menerima kelemahan mental mereka, tapi juga menikmati berada di sekitar mereka.

Mengembangkan hubungan yang kuat satu sama lain akan membuat cinta Anda benar-benar kuat dan citra tubuh tak lagi menjadi masalah bagi Anda.