Sukses

Rutin Minum Jus Kentang, 7 Manfaat Ini Akan Didapat Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta - Kentang menjadi salah satu sayuran yang miliki manfaat kesehatannya luar biasa, mulai dari kesehatan jantung hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Kentang merupakan sumber fitokimia, vitamin dan mineral yang sangat baik seperti vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, vitamin B dan tembaga.

Kentang juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dijadikan minuman seperti jus.

Jus kentang memang tidak seenak seperti jus buah dan sayuran lainnya. Tapi, jus ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Nah, penasaran apa saja manfaat rutin mengkonsumsi jus kentang? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (13/4/2020),

1.   Meningkatkan Pencernaan

Jus kentang bisa membantu meningkatkan saluran pencernaanmu karena mengandung banyak alkali. Menurut sebuah penelitian, jus kentang bisa membantu menurunkan refluks asam, meredakan gastritis dan mengurangi masalah perut.

Jus kentang merah muda bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Minumlah setengah cangkir jus kentang dua hingga tiga kali sehari, satu jam sebelum makan.

2 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus kentang mengandung sejumlah besar vitam C, antioksidan yang larut dalam air yang melawan infeksi dan flu biasa.

Vitamin C melindungi sistem kekebalan tubuh dari pathogen berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

3 dari 7 halaman

3. Meredakan Mulas

Mulas terjadi ketika asam lambung mengalir mundur ke kerongkongan. Jus kentang mengandung senyawa-senyawa penting yang melapisi lapisan lambung, yang membantu menurunkan asam lambung dan menyembuhkan peradangan gastrointestinal.

Konsumsilah 3 hingga 4 sendok makan jus kentang setengah jam sebelum makan.

4 dari 7 halaman

4. Menambah Energi

Jus kentang mentah adalah penambah energi alami karena mengandung gula alami dan karbohidrat yang menghasilkan energi.

Kehadiran vitamin B dalam jus kentang juga membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sehingga meningkatkan tingkat energi tubuhmu.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium hadir dalam jus kentang bisa membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah ke jantung, yang membantu mencegah penyakit jantung dan kalsifikasi pembuluh darah di arteri.

6 dari 7 halaman

6. Menurunkan Berat Badan

Jus kentang mentah bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung vitamin C, vitamin esensial yang bisa membantu mempercepat metabolisme dengan lebih cepat.

Minum jus kentang setelah makan bisa menekan rasa laparmu, yang akan mencegah kamu makan berlebih dan menyebabkan penurunan berat badan.

7 dari 7 halaman

7. Mencegah Penuaan

Kehadiran vitamin B dan antioksidan dalam jus kentang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya, membantu menyehatkan sel-sel kulit dan mengurangi timbulnya keriput dan bitnik-bintik penuaan.

Jadi, minumlah jus kentang untuk menjaga kulitmu tetap sehat.