Sukses

Cuaca Panas Bikin Sulit Tidur, Coba 10 Cara Mudah Ini untuk Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Dalam cuaca panas seperti saat ini, bisa tidur nyenyak di malam hari adalah sebuah kebahagiaan. Ada yang kemudian memilih untuk memasang AC karena cuaca yang begitu panas.

Namun, bila kamu tak memiliki AC, masih ada banyak hal sederhana yang dapat membantumu mengatasi panas dan mendapatkan istirahat yang baik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memastikan udara mengalir

Ventilasi adalah kunci agar tubuh tetap terasa sejuk. Jika kamu memiliki kipas angin, arahkan ke jendela yang terbuka dan taruh kasur di antaranya. Dengan cara itu, angin akan tetap mengalir ke dalam kamar Anda.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 6 halaman

2. Mengganti seprai

Gantilah seprai dengan yang berbahan ringan dan halus serta berwarna terang. Ini akan memantulkan cahaya dan panas ketimbang menahannya.

3. Gunakan bantal yang lebih kecil

Kepala bisa menjadi bagian yang paling merasakan panas di tubuh saat cuaca panas melanda. Karena itu, gunakanlah bantal yang lebih kecil untuk membuat kepala terasa lebih dingin. Bisa dengan menggunakan bantal sofa.

4. Pilih pakaian nyaman

Jika kamu suak tidur menggunakan piyama atau gaun tidur, pilihlah yang paling tipis dan ringan. Ini akan membuat tubuh tidak kepanasan. Atau jika memang lebih suka tidur tanpa pakaian, juga tak ada salahnya.

 

3 dari 6 halaman

5. Buat kasur terasa dingin

Saat udara terasa dingin, orang-orang biasanya menggunakan botol berisi air hangat. Lakukan sebaliknya di cuaca panas seperti saat ini.

Tak ada salahnya mencoba menaruh bantal di kulkas. Ini akan membuatnya terasa sejuk saat kamu akan tidur. Kamu juga bisa mencoba sedikit menyemprotkan air ke seprai agar terasa sejuk.

6. Mengetahui titik sejuk di tubuh Anda

Saat demam melanda, orang biasanya meletakkan kain dingin di dahi. Lakukan sebaliknya saat cuaca panas melanda. Selain menjaga kepala tetap seuk, jangan lupakan tubuh bagian bawah.

Sebelum tidur, rendam kaki dalam air dingin. Ini membantu titik nadi di kaki menjadi dingin dan mengurangi panas tubuh. Atau jika perlu, mandi saja sebelum tidur.

 

4 dari 6 halaman

7. Jaga tubuh berada di tempat yang rendah

Karena udara hangat merambat naik, tak ada salahnya mencoba tidur di dekat lantai yang pasti terasa lebih dingin. Bisa dengan kantung tidur atau kasur ditaruh di lantai.

8. Buka tirai dan jendela

Membuka jendela dan tirai dapat membantu udara masuk ke ruangan. Jangan biarkan tubuh terasa kepanasan dengan memakai tirai tebal selama kemarau.

 

5 dari 6 halaman

9. Menjaga apa yang dimakan sebelum tidur

Jangan makan besar tepat sebelum tidur. Ini akan membuat sistem metabolisme bekerja saat kamu tidur dan menaikkan suhu tubuh.

Namun, kamu bisa coba makanan dingin seperti es krim dan semangka beberapa saat sebelum tidur. Ini akan mendinginkan suhu tubuh.

10. Buat sendiri pendingin ruangan

Jika kamu tak memiliki AC, kamu dapat mencoba cara ini. Letakkan semangkuk es di depan kipas. Saat es mencair, kipas angin akan meniupkan angin sejuk ke arahmu.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ditinggal Kakek Mengantar Paket, Balita Kunci Diri di Mobil
Loading