Sukses

Peduli Lingkungan, Pria Ini Sadarkan Warganet Lewat Foto Sampah di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hal bisa dijadikan konten Instagram. Beberapa orang pun mengatur konten Instagram sedemikian rupa. Konten seperti landscape photography, street photography, atau potrait dapat kita temui. Namun, seorang warganet mengisi Instagram-nya dengan unggahan foto sampah.

Itu adalah pemilik akun @peterpicksuptrash. Di akun Instagram-nya, terlihat foto sampah dan foto tangannya yang memegang sampah.

Di setiap unggahannya, Peter pun menyertakan keterangan soal mudahnya membuang sampah pada tempatnya. "This was very easy to do, (Ini sangat mudah dilakukan)," tulisnya. 

Pada deskripsi profilnya (bio) pun tertulis hal serupa. "Saya akan menunjukkan betapa mudahnya mengambil sampah, daripada berjalan melewatinya. Kamu bisa melakukannya juga. Mungkin kita menyelamatkan dunia," tulisnya.

2 dari 5 halaman

Jalan dan ambil sampah

Dilansir dari Bored Panda, Selasa (20/8/2019), dirinya telah melakukan kebiasaan memungut sampah itu sekitar dua tahun yang lalu. Itu ketika dirinya sering berjalan untuk makan siang dan menemukan sampah di dekatnya.

Pada awalnya, dirinya juga seperti orang lain yang lewat begitu saja di samping sampah itu. Sampai suatu waktu, dirinya memulai kebiasaan mengambil sampah dan membuang ke tempatnya.

"Jika seribu orang mulai melakukan hal ini, seratus ribu, sejuta, seratus juta, kita bisa membuat sebuah perubahan besar yang sangat cepat dengan melakukan tugas sederhana," katanya seperti melansir dari Bored Panda.

Di salah satu unggahannya, Peter pun mengaku mendaur ulang sampah yang didapatnya.

3 dari 5 halaman

Menginspirasi

Unggahannya di Instagram itu pun menuai respons warganet. Di beberapa fotonya bisa ditemukan komentar-komentar positif yang dilontarkan warganet.

Ada pula yang menyatakan mulai terinspirasi dari kebiasaannya itu. Salah satunya diungkapkan akun @uthenoona, "Terima kasih @peterpicksuptrash kamu menginspirasiku untuk melakukan hal yang sama di negaraku. Ayo terus lakukan hal itu."

4 dari 5 halaman

Ubah keadaan

Melalui akunnya, @peterpicksuptrash memang telah menebarkan pesan positif. Di Indonesia pun, puluhan ton sampah dihasilkan setiap tahunnya.

Sampah yang dibuang sembarangan hingga berserakan pun bisa berdampak pada kesehatan. Itu misalnya berkaitan dengan tumpukan sampah yang bisa menjadi sumber penyakit. Sampah yang dibuang di sungai juga bisa mencemari air.

Pesan positif yang disebarkan @peterpicksuptrash itu bisa jadi satu langkah awal untuk peduli terhadap lingkungan. Mirip seperti #TrashChallenge yang pernah viral di Indonesia.

Kesadaran individu bisa turut mengubah keadaan. Namun, di samping itu perlu juga penangan dalam skala besar seperti dari pemerintah atau perusahaan.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook dan Instagram Hapus Akun Terkait Kelompok Neofasisme
Artikel Selanjutnya
Celah di Instagram Bikin Pengguna Bisa Bagikan Postingan Privat