Sukses

Cara Kocak Netizen Menyetrika Saat Mati Listrik, Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta - Listrik padam memang bisa menghambat aktivitas. Itu termasuk hambatan pekerjaan rumah seperti menyetrika pakaian. Setrika listrik yang saat ini umum digunakan menjadi kurang berfungsi dengan matinya listrik.

Minggu (4/8/2019), listrik padam terjadi di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Mati listrik yang terjadi hampir seharian itu pun membuat warga perlu mengakali agar tetap bisa beraktivitas.

Salah satu cara unik nan kocak itu ditunjukkan seorang ibu yang menyetrika di kala listrik padam. Dalam video yang diunggah @lajibolalaaa di Twitter, terlihat seorang ibu menyetrika seragam anaknya menggunakan panci magic com.

2 dari 5 halaman

Lifehack pakai panci magic com dan lilin

Demi membuat seragamnya rapi di kala listrik padam, ibu itu mencari akal. Tak bisa pakai setrika listrik, panci magic com dan lilin pun jadi.

Cara itu terlihat dari unggahan video @lajibolalaaa yang disertai cuitan, "When gada kepastian dri pln, seragam adek belum di setrika..Emakk gw :"

Dalam video berdurasi 10 detik itu terlihat seorang ibu duduk di depan seragam yang terbentang. Di sampingnya ada lilin yang menyala, sedangkan magic com ada di tangannya.

"Tutorial" video menyetrika itu menunjukkan cara menyetrika tanpa listrik. Caranya, panci dipanaskan dengan lilin, setelah panci dirasa cukup panas, punggung pancinya digunakan untuk menggosok pakaian hingga rapi.

3 dari 5 halaman

Cara lain nyetrika di kala listrik padam

"Lifehack" menyetrika menggunakan panci magic com dan lilin itu memang unik dan mencuri perhatian. Melalui kolom balasan, warganet pun membagikan cara lainnya menyetrika di kala listrik padam.

Berikut beberapa cara dari warganet.

"Kalo emak gw tetep makee setrikaan,tapii di panasinn sama kompor gass 😂 truss setrikaain baju sekolah sambil ngomel2 "kebiasaan bngt pagi2 baru setrika baju!! Semalam malah nyantai2!!!"" -@Mvjoorr

"Klo ibuku dulu jika lagi malas nyetrika baju sekolah dilipat aja tuh setelah dilipat baru ditimpa pake kardus berisi buku2..." -@Aljabbarin2

"'Simpan aja di bawah kasur ntar besok juga rapi'. Emak gw'" -@nazierelbahry

"ni maha konyol,di kampung ku beluam ada listrik, tapi kami tidak pernah nyetrika pakai panci, kami masi nyetrika pakai strika yg menggunakan ARANG,,nimah rumah uda kramik, malah pakai lilin lagi,,kampung tu cuman pakai pelita doang,tpi nggak kaya ginian amatt....miriss ngeliatnya." -@EvafroditusM

 

 

4 dari 5 halaman

Respons warganet

Video cara unik nan kocak itu pun viral di media sosial. Hingga Senin (5/8/2019), twit dari @lajibolalaaa itu telah mendapat lebih dari 28 ribu retweet dan lebih dari 30 ribu likes.

Beberapa akun membagikan ulang twit berisi cara unik menyetrika itu. Banyak pula yang merespons melalui kolom balasan.

Komentar itu misalnya dilontarkan akun @aryakeju_, "S3 Teknik Listrik"

Ada pula warganet yang memuji cara ibu itu. Itu misalnya komentar dari @budaklaporan, "epik sih ini, salut aku sm ibuk. Teruskan buk kreatif dan inovatif."

Begitu pun pujian dari akun @miqbltwkkl, "Alih alih melihat ini sambil ketawa, yg kepikiran malah gimana tulusnya seorang emak yg anaknya mau sekolah tapi sedang ada keterbatasan."

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Pemadaman Listrik Terulang, PLN Studi Banding ke London
Artikel Selanjutnya
PLN Serahkan Penyelidikan Penyebab Pemadaman Listrik ke Bareskrim