Sukses

BTS adalah Grup Idola Papan Atas Korea Selatan, Ini Fakta Menarik 7 Membernya

Liputan6.com, Jakarta Belantika musik dunia dihiasi dengan berbagai genre musik. Di Indonesia sendiri, beberapa genre musik digandrungi oleh bermacam-macam kalangan seperti genre pop, rock, R&B, dangdut dan banyak lainnya. Terbaru Korean Pop atau K-Pop juga termasuk dalam musik yang digemari masyarakat di Indonesia. 

Misalnya adalah musik ala Korean Pop atau K-Pop yang kental dengan musik modern yang dinyanyikan oleh grup idola. Selain jenis musiknya yang modern, penampilan yang diusung para grup idola Negeri Ginseng juga sangat menarik perhatian. Sebenarnya, apa sih pengertian dari grup idola?

Jika biasanya penyanyi di Indonesia terdiri atas individual ataupun berupa grup band, Korea Selatan punya konsep tersendiri dalam menghiasi belantika musik. Mereka adalah grup idola yang terdiri atas minimal 3 orang setiap grupnya. Disebut grup idola karena tiap member melalui masa pelatihan yang tidak sebentar, hingga debut menjadi publik figur profesional.

Salah satu grup idola papan atas Korea Selatan adalah BTS. BTS merupakan singkatan dari Bangtan Boys. Para penggemar musik Korea pastinya tidak asing dengan grup ini. BTS adalah grup idola yang terdiri atas 7 anggota, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, Taehyung dan Jungkook.

2 dari 5 halaman

BTS adalah grup idol Korea yang mendunia

Memulai debutnya pada 13 Juni 2013, BTS telah mengarungi perputaran roda kehidupan yang membawanya menjadi sehebat sekarang ini. Meski ketujuh anggotanya harus melewati proses training bertahun-tahun, sekarang ini BTS dinobatkan menjadi grup idola nomor 1 di Korea Selatan.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. Dalam waktu kurang dari satu windu, BTS seringkali menguasai tangga lagu nasional. Maka, tak heran jika BTS termasuk grup idola Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik Nasional maupun Internasional.

Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. Hal ini sesuai dengan budaya musik Korea yang mengharuskan setiap grup idola memiliki ketua atau pemimpin, serta peran yang menonjol untuk menunjukkan bakatnya pada khalayak umum.

Lalu, seperti apa peran tiap anggota hingga berhasil mengantongi kesuksesan besar seperti sekarang ini? Yuk simak ulasan lengkap biodata ketujuh anggota BTS, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

3 dari 5 halaman

Fakta menarik member BTS

Kim Nam Joon – Leader

 

Berada di bawah naungan Big Hit Entertainment, leader atau ketua BTS adalah Kim Namjoon dengan nama panggungnya Rap Monster (RM). Lahir 12 September 1994 silam, RM didapuk menjadi leader BTS karena jiwa kepemimpinannya yang tinggi. Selain itu, RM juga anggota BTS paling cerdas dengan skor IQ 148.

Karena kecerdasannya itu, RM bahkan mendapat skor TOEIC 850 saat masih duduk di bangku SMP. Dia bahkan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Tak heran jika RM sering menjadi juru bicara saat BTS menghadiri berbagai acara penghargaan kancah internasional. Sebelum memulai debutnya di BTS, RM lebih dulu menggali bakatnya sebagai seorang rapper underground.

Kim Seok Jin – Vokalis

 

Anggota tertua BTS adalah Kim Seok Jin yang biasa disapa Jin. Dia lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 silam. Suaranya yang lembut memposisikannya sebagai vokalis dalam group. Meski menjadi anggota tertua, Jin tidak mudah marah kepada anggotanya yang lebih muda.

Jin menjadi koki andal dalam grup berkat keahlian memasaknya. Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Meski sempat tidak percaya diri dengan kemampuannya, Jin kini membuktikan bahwa partisipasinya dalam grup menjadi dasar dari pencapaian emas yang berhasil dituai.

4 dari 5 halaman

Profil member BTS

Min Yoon Gi – Rapper

Pria kelahiran Daegu, 9 Maret 1993 ini dikenal dengan nama panggung Suga. Usut punya usut, nama uniknya itu dipilih karena senyumannya yang manis seperti gula. Dirinya adalah lulusan Apujeong High School.

Meski kental dengan wajah manis dan imutnya, rupanya Suga menduduki posisi rapper. Keahliannya dalam melontarkan lirik rap yang penuh makna tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, Suga juga berbakat dalam memproduksi lagu hingga dirinya merilis album yang berisi lagu buatannya sendiri.

Jung Ho Seok – Rapper dan Dancer

Setiap posisi dalam setiap grup idola Korea tidak hanya berlaku untuk satu orang saja. Misalnya, Jung Ho Seok atau J-Hope yang merupakan rapper dalam grup, sama seperti Suga. Dengan adanya rapper ganda dalam grup, warna musik akan semakin berwarna.

Hal ini dibuktikan J-Hope dengan gaya rapnya yang khas sehingga lagu-lagu BTS selalu terdengar enak di telinga pendengarnya. Lahir di Gwangju, 18 Februari 1994, J-Hope pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS. J-Hope sebagai anggota BTS adalah sosok yang ceria dan humoris.

5 dari 5 halaman

Yang muda yang penuh talenta

Park Jimin – Dancer dan Vokalis

Terlahir dengan nama asli Park Jimin, main dancer BTS ini memiliki beberapa nama panggilan lucu di antaranya Chim Chim, Dolly, Park Jiminie. Sudah menjadi rahasia umum bahwa BTS adalah grup yang dipenuhi dengan penari ahli, salah satunya adalah Jimin.

Bakat menarinya itu rupanya berkat kesukaannya terhadap Taeyang, member grup idola Big Bang yang tak kalah terkenalnya. Selain pintar menari, Jimin juga memiliki suara yang unik yang mewarnai lagu-lagu BTS. Tak hanya itu, Jimin juga dikenal sebagai social butterfly, alias orang yang mudah berteman dengan banyak orang.

Kim Taehyung – Vokalis

Anggota BTS yang satu ini terkenal dengan ketampanannya. Pada awal debut, Kim Taehyung mendapat nama panggung V dari kata victory. Dirinya merupakan vokalis dalam grup. Di antara semua member, Taehyung dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh serta dianggap sebagai member yang paling misterius.

Tak hanya tampan, suara Taehyung yang berat selalu berhasil melelehkan kaum hawa. Terlebih lagi, pria kelahiran 30 Desember 1995 ini juga pandai menari dan berakting. Seperti Jimin, Taehyung juga berteman dengan banyak orang, entah itu dari kalangan sesama idol maupun aktor.

Jeon Jungkook – Dancer dan Vokalis

Jungkook sebagai anggota termuda BTS adalah salah satu kunci kesuksesan grup idola asal Negeri Ginseng ini. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts. Meski berusia sangat muda, rasanya bakat Jungkook tiada habisnya.

Selain lihai menari dan bersuara merdu, Jungkook juga pintar membuat lagu layaknya Suga. Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut.

Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment hingga akhirnya dirinya meraih kesuksesan besar di BTS dengan keenam anggotanya.