Sukses

Tak Disangka, 5 Ilustrasi Liar Manusia Zaman Dulu Kini Jadi Kenyataan

Liputan6.com, Jakarta - Gambaran tentang masa depan memang selalu misterius dan tak terduga. Di zaman dulu, orang-orang sempat tertarik untuk membayangkan apa saja yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Biasanya literatur fiksi punya peranan besar untuk menyalurkan bayangan tersebut. 

Dalam buku-buku fiksi, tak jarang para penulis dan ilustrator selalu bekerja sama untuk menggambarkan masa depan menurut versi mereka. Mereka juga membuat ilustrasi menakjubkan yang penuh daya imajinasi, meliputi kemajuan teknologi pada masa depan.

Melansir The Vintange News, berikut merupakan ilustrasi di zaman dahulu yang menggambarkan tentang teknologi di masa depan. Kelima ilustrasi ini dianggap mendekati dengan kenyataan.

1. Kacamata TV

Gambar: Arstechnica via Docotel

Mungkin di zaman dahulu, orang akan menganggap ide ini gila dan tak mungkin terjadi. Nyatanya, ada sebuah ilustrasi yang dibuat pada tahun 1963 oleh Life Magazine.

Di gambar tersbut seorang penulis sains fiksi terkenal, Hugo Gemsback sedang menggnakan kacamata yang di dalamya terdapat televisi dengan dua antena besar. Alat itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah gagasan dari salah satu cerita Hugo. Menurutnya, suatu hari nanti ada sebuah alat yang membuat kita dapat menonton TV begitu dekat dan berinteraksi dengan layar.

Ternyata gagasan Hugo mengenai alat di masa depan ini terbilang akurat, mengingat munculnya VR (Virtual Reality) yang membuat kita berinteraksi dengan gim secara langsung dan menyajikan teknologi 3D.

2 dari 5 halaman

2. Robot penghisap debu

Jean-Marc Côté dan tim ilustratornya pernah membuat set ilustrasi "En L'An 2000" (pada tahun 2000). Gambar yang mereka buat menampilkan gambaran apa saja yang terjadi di tahun 2000. Salah satu prediksi mereka yang dikatakan benar terjadi pada saat ini yakni mesin penghisap debu atau mereka namakan dengan 'electric scrubbing'.

Teknologi yang mereka gambarkan menunjukkan bahwa robot tersebut dapat membersihkan rumah tanpa bantuan manusia. Dalam ilustrasi tersebut, para tim ilustrator merasa yakin di abad 20 mesin semacam itu umum digunakan pada banyak rumah, dan sejumlah nengara menggunakan mesin ini untuk membersihkan rumah.

3 dari 5 halaman

3. Kelas digital

Pernah membayangkan kelas dimulai tanpa guru yang hadir? Orang-orang zaman dahulu ternyata sempat memikirkan sekilas tetang gambaran tersebut. Shigeru Komatsuzaki, sempat menuangkan ilustrasi semacam itu pada majalan Computopia di tahun 1969.

Dengan judul "The Rise of the Computerized School," Komatsuzaki menggambarkan gagasan tersebut pada ilustrasinya. Ia menggambarkan setiap anak memiliki komputer tersendiri dan guru yang mengajar pada sebuah layar atau 'guru digital'.

Selain itu, Komatsuzaki juga menggambarkan sebuah robot yang mendisiplinkan siswa yang tidak patuh dengan aturan sekolah. Jika dibandingkan dengan saat ini, kemunculan ilustrasi hampir mendekati mirip. Di mana setiap anak di sekolah memiliki kelas khusus seperti ini. Kemudian kelas digital dan e-learning juga terdengar akurat.

4 dari 5 halaman

4. Panggilan video

Zaman dahulu banyak orang juga membayangkan bagaimana berkomunikasi lewat telepon, tetapi bisa saling bertatap muka. Teknologi semacam itu pernah diilustrasikan pada tahun 1930.

Dalam gambar tersebut dua wanita sedang duduk sambil menelepon dan bertetap muka dengan orang yang sedang mereka telepon. Ternyata gambaran semacam itu benar tejadi di zaman sekarang ini dengan munculnya Skype dan video call.

5 dari 5 halaman

5. Mobil tanpa pengemudi

Sampul majalah Popular Science edisi Juni 1940, sempat menampilkan ilustrasi yang meramalkan mobil di masa depan akan berfungsi sendiri tanpa memerlukan sopir. Prediksi tersebut dibilang tepat. 

Industri mobil saat ini telah mengeluarkan sistem kendaraan otomatis yang bisa berjalan tanpa dikemudiakan secara aman dan andal. Meskipun masih membutuhkan sopir, tetap saja ramalan ilustrasi tersebut mulai terwujud.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Datang dari Masa Depan, Pria Ini Mengaku Bekerja untuk CIA
Artikel Selanjutnya
Bikin Merinding, Ini 6 Proses Operasi Zaman Dulu yang Mengerikan