Sukses

4 Tips Mudah Merebus Kacang Hijau agar Cepat Empuk, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kacang hijau memang dikenal memiliki nutrisi yang baik untuk tubuuh. Maka tak heran jika banyak orang suka menikmati olahan serba kacang hijau. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah kacang hijau dengan dijadikan bubur, minuman atau camilan seperti rempeyek. 

 

Namun yang paling mudah, mengonsumsi kacang hijau adalah dengan merebusnya dan mengolahnya menjadi bubur. Dan demi dapatkan kacang hijau yang mudah empuk saat direbus, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Apa saja tipsnya?

Rendam Kacang Hijau

Sebelum direbus, pastikan untuk merendam kacang hijau kira-kira selama 3 sampai 4 jam atau lebih. Merendam kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus.

Masukkan Kacang Hijau Saat Air Sudah Mendidih

Usahakan agar memasukkan kacang hijau di dalam panci saat air di dalam panci sudah mendidih. Air yang telah mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, matang dan nutrisinya tidak jauh berkurang.

 

2 dari 2 halaman

Atur Panas Api

Atur panas api dengan tepat. Jangan terlalu redup dan jangan pula terlalu panas. Gunakan api sedang yang stabil untuk dapatkan kacang hijau rebus yang empuk sempurna dan merata.

Tambahkan Gula dan Garam Saat Kacang Hijau Mekar

Pastikan untuk tidak memasukkan gula atau garam saat kacang hijau belum mekar. Ini bisa membuat kacang hijau awet keras dan sulit empuk. Kalau pun ingin membuat bubur kacang hijau atau memberi rasa pada kacang hijau, tambahkan gula dan garam saat kacang hijau sudah empuk dan mekar.

Itulah tips merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk dan matang merata. Semoga tips ini bermanfaat.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video