Sukses

10 Manfaat Kacang Hijau yang Bagus untuk Ibu Hamil Hingga Lansia

Liputan6.com, Jakarta Kacang hijau adalah sumber makanan yang sangat bernutrisi. Kacang-kacangan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau, puding, dll. Dibalik kesederhanaannya, kacang hijau menyimpan manfaat yang luar biasa, apa saja?

Manfaat Kacang Hijau

1. Mencegah Kanker

Kacang hijau memiliki senyawa yang mampu memerangi infeksi virus kanker. Maka, kacang hijau sangat baik untuk perempuan agar terhindar dari kanker payudara. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu kanker.

2. Mengobati Anemia

Jika Anda memiliki riwayat penyakit anemia, maka sebaiknya banyak konsumsi kacang hijau. Kacang-kacangan ini memiliki zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati anemia atau kekurangan darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin diet, maka bisa konsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung serat yang sangat tinggi dan juga rendah lemak. Kacang hijau mampu menjadi camilan sehatmu saat diet. Kandungan seratnya mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan sedikit kalori. Dengan konsumsi kacang hijau, pencernaanmu juga sehat dan lancar.

4. Menurunkan Kolesterol

Kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi, karena kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalorinya juga sangat rendah dengan lemak tak jenuh. Maka tak ada ruginya banyak konsumsi kacang hijau sesering mungkin.

5. Mengatasi Diabetes

Indeks glikemik pada kacang hijau sangatlah rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita diabetes. Dengan kadar indeks glikemik yang rendah, maka mampu membuat kadar gula dalam darah ikut turun. Kacang-kacangan mampu mengatur gejala diabetes pada pasien atau penderita.

6. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause

Manfaat kacang hijau lainnya adalah mampu mengurangi keluhan pasca menopause karena memiliki senyawa isoflavon yang bersifat estrogenic ilmiah. Mengkonsumsi kacang hijau bagi wanita yang sedang dalam masa transisi menopause mampu mencegah osteoporosis yang zatnya juga dapat merangsang pembentukan tulang.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah. Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

8. Menguatkan Tulang

Ternyata, kalsium tak hanya terkandung pada susu, tapi juga kacang hijau. Kacang hijau mengandung kalsium dan fosfor serta mineral yang mampu merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin K dan A.

9. Menghilangkan Bekas Cacar & Jerawat

Bekas cacar dan jerawat bisa hilang dengan kacang hijau. Caranya sangatlah muda, Anda hanya perlu merendam segenggam kacang hijau di air semalaman, lalu tumbuk keesokan harinya dan jadikan masker wajah. Tunggu hingga mengering, lalu bilas wajah sampai bersih. Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau ini lebih maksimal, maka Anda bisa gunakan masker ini secara rutin.

10. Baik Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hijau santa baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil.

Untuk mendapatkan manfaat lebih dari kacang hijau, kini ada minumannya yang menyegarkan dan berbeda. Bean drink adalah minuman bubble tea yang berbeda karena ada varian spesial kacang hijaunya. Ada promo spesial dari Bean Drink di Lakupon nih! Hanya Rp 10 ribu, Anda bisa menikmatu bubble drink yang menyegarkan, klik DI SINI untuk diskon lebih lanjutnya.

Artikel Selanjutnya
Cek 7 Makanan Sehat yang Bisa Perpanjang Usia
Artikel Selanjutnya
Asupan Asam Folat Setiap Usia Berbeda-Beda