Sukses

Sunion, Bawang yang Tak Bikin Menangis Saat Memotongnya

Liputan6.com, Jakarta - Enggak perlu patah hati untuk menangis. Cukup pergi ke dapur dan memotong bawang. Tentu efeknya telah menjadi rahasia umum bagi banyak orang.

Untuk mengatasi efek memotong bawang, para ilmuwan dan petani telah mendapatkan solusinya. Mereka tampaknya telah menemukan bawang tanpa air mata.

Melansir Odditycentral, Jumat (19/1/2018), mereka menamakan bawang itu "Sunion." Bawang jenis baru ini adalah hasil dari program pemuliaan silang alami yang telah dilakukan di peternakan di Nevada dan Washington sejak tahun 1980-an.

Sunion memang berbeda dengan bawang lainnya, karena tidak menyebabkan mata berkaca-kaca saat mengupas atau memotongnya.

Ketika kamu memotong bawang biasa, bawang tersebut melepaskan senyawa volatif yang disebut lachrymatory-factor synthase dan ketika itu menyentuh mata kamu, tubuh menghasilkan air mata untuk mengurangi iritasi.

1 dari 2 halaman

Bawang Pertama Tanpa Air Mata

Sayangnya, Sunion tidak bisa didapat dengan mudah karena hanya tumbuh di Washington dan Nevada. Namun jangan khawatir, Sunion akan ada di toko, warung kelontong maupun supermarket dalam beberapa tahun ke depan karena semakin banyak orang yang mempelajarinya.

"Petani Sunion saat ini bekerja dengan tekun dengan mencari lokasi terbaik untuk menawarkan produk inovatif ini di seluruh negeri," kata juru bicara petani.

Sunion pun menjadi bawang pertama tanpa air mata di dunia.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
3 Cara Membuat Nasi Goreng Nikmat, Lezat, dan Spesial ala Restoran
Artikel Selanjutnya
Resep Menu Sahur: Sambal Goreng Kentang Lezat nan Praktis