Sukses

Ikut Gerakan Ini untuk Memulai Kebiasaan Baik

Liputan6.com, Jakarta Hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari bisa dengan mudah menjadi kebiasaan, seperti membuka notifikasi pada ponsel ketika bangun tidur, mematikan lampu atau televisi setelah digunakan, dan lain sebagainya. Hal-hal ini akan otomatis dilakukan seseorang jika sudah terbiasa melakukannya sehari-hari.

Kebiasaan-kebiasaan seseorang ini bisa berupa hal atau tindakan yang positif maupun negatif. Hal tersebut juga menentukan bagaimana seseorang bersikap atau bertindak dalam lingkungannya. Salah satunya seperti kebiasaan membereskan piring setelah makan.

1 dari 3 halaman

Status Facebook Viral

Setelah sebuah status facebook yang di-posting Tyas Palar beberapa bulan lalu, tentang kebiasaan orang Indonesia yang dibawa ketika berkunjung ke Jepang menjadi viral, banyak orang Indonesia yang merasa gerah hingga ikut dalam sebuah gerakan bernama #Tumpuk DiTengah.

Posting-an viral yang berisi foto sebuah meja berantakan bekas makan wisatawan Indonesia di Jepang ini sama sekali tidak menunjukkan kebiasaan baik atau positif orang Indonesia. Hal tersebut tentu membuat banyak orang Indonesia merasa gerah melihatnya.

Gerakan #TumpukDiTengah gagasan founder Ceritera.id Edward Suhadi tentang membereskan piring setelah makan di restoran ini bertujuan meringankan pekerjaan para pramusaji yang bekerja pada restoran. Dengan menumpuk piring bekas makan di tengah, pekerjaan pramusaji restoran tentu akan terasa lebih ringan. Mereka hanya perlu mengangkat tumpukan piring yang sudah dijadikan satu di tengah tersebut. Hal ini tentu merupakan sebuah ajakan positif yang dapat membentuk sebuah kebiasaan baik.

2 dari 3 halaman

Memulai Kebiasaan Positif

Lewat sebuah video berjudul “Memperkenalkan #TumpukDiTengah” di channel YouTube Ceriteranya, ajakan membentuk kebiasaan positif menumpuk piring bekas makan di tengah ini berhasil dilakukan. Tak sedikit warganet yang ikut bergabung dalam gerakan ini dengan mem-posting foto #TumpukDiTengah. Memulai kebiasaan kecil yang positif seperti ini tentu dapat berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Membantu meringankan pekerjaan orang lain sama sekali tidak ada ruginya untuk kita, bukan? Yuk mulai #TumpukDiTengah piring bekas makan-mu!

 

Penulis :

Alca Octaviani

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi
Artikel Selanjutnya
Jaga Berat Badan di Akhir Pekan dengan 4 Aktivitas Ini