Sukses

Selain Datar, Ini 4 Teori Aneh Tentang Bentuk Bumi

Selain bulat dan datar, ternyata ada banyak teori lain yang mengemukakan bentuk Bumi. Apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Bentuk Bumi memang selalu menjadi perbincangan yang menarik dan mengundang rasa penasaran bagi banyak orang. Entah dari kelompok yang memandang bahwa bentuk Bumi itu bulat ataupun kelompok lainnya yang mempercayai bentuk Bumi datar.

Namun fakta yang jarang diketahui oleh masyarakat, selain bulat dan datar ternyata ada banyak teori lain yang mengemukakan bentuk Bumi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang juga mempercayai bentuk Bumi tersebut.

Berikut ini beberapa bentuk Bumi berdasarkan teorinya.

1. Bumi kotak

Digagas oleh Prof Keith Loore, seorang pensiunan ilmuwan NASA. Bentuk Bumi yang ia lihat berdasarkan penelitian yang ia dalami ialah kotak. Sedangkan jika ditanya mana sudut-sudut Bumi? Maka jawabannya ialah deretan pegunungan yang menjulang tinggi ke cakrawala.

Pencentus Bumi kotak ini mempercayai bahwa Bumi tidak mungkin berbentuk bulat. Mengapa demikian? Karena bila bulat tanpa sudut, perputaran pada poros Bumi akan lebih cepat daripada umumnya (akibat dari sedikitnya gaya gesek Bumi dengan ruang angkasa).

Perputaran yang sangat cepat ini tentu bisa mengakibatkan kehidupan di Bumi terlempar ke luar angkasa. Begitu juga dengan gesekan oksigen di atmosfer terhadap udara yang akan mengakibatkan radiasi nuklir dan menghanguskan dunia dengan hitungan detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bumi dalam punggung kura-kura

Pernah mendengar cerita tentang atlas dan bola dunia? Atau setidaknya gambaran atlas yang sedang duduk dan berusaha menahan bola dunia di punggungnya? Gambaran itu pula yang dipercayai beberapa kalangan masyarakat.

Hanya saja, bila dalam mitologi Yunani, atlaslah yang menggendong Bumi. Kali ini seekor kura-kura yang menjadi sandaran kehidupan Bumi.

Sebenarnya kepercayaan ini sudah ada sejak lama, bisa kalian telusuri dari cerita-cerita pada kebudayaan kuno layaknya Tiongkok, India bahkan sampai suku pedalaman Amerika. Tetapi baru dimunculkan kembali oleh Jasper Danckaerts melalui teorinya yang disebut Geoterrapinism Theory.

3. Bumi berongga dan adanya Bumi lain di dalam Bumi

Sebenarnya gambaran dan kepercayaan akan Bumi berongga ini sudah ada sejak lama, tapi baru muncul di permukaan setelah diangkat oleh Edmund Halley dan diperjuangkan oleh John Cleves Symmes. Ambil saja tokoh layaknya Aristoteles, yang juga pernah berpikiran akan adanya kemungkinan Bumi yang berongga. Meskipun untuk saat ini, gambaran pada kepercayaan ini banyak dimodifikasi dan berbeda satu dengan lainnya.

Namun persamaan yang tetap sama dari waktu ke waktu ialah bahwa bentuk Bumi bulat berongga dan adanya lubang (pintu) untuk masuk di dalamnya. Untuk penggambarannya sendiri, ada yang mengatakan Bumi yang kita tinggali sekarang mirip dengan cangkang kerang.

Ada pula yang menyimpulkan di dalam Bumi ada empat Bumi berukuran kecil lainnya. Pendapat lain memberi gambaran adanya satu Bumi besar dan satu matahari berukuran mini di dalam Bumi besar tersebut. Ada yang paling ekstrem ialah pendapat bahwa Bumi yang kita huni sekarang ada di dalam perut Bumi yang lebih besar.

Bila kalian ingin mengetahui lebih lanjut gambaran akan bentuk Bumi ini, maka kalian bisa membaca Hollow Earth Theory, yang sudah banyak dijadikan dalam bentuk buku fisik ataupun digital.

 

3 dari 3 halaman

4. Bumi ialah program komputer raksasa

Gambaran Bumi lainnya didapatkan dari penelitian, ilham spritual hingga ekspedisi perjalanan untuk meyakini dan membuktikannya. Maka tidak dengan kalangan yang mempercayai gambaran Bumi sebagai program komputer raksasa berikut.

Karena kemajuan zaman dan teknologi yang sangat cepat, maka tak khayal bila orang mengira Bumi yang ia pijak dan kehidupan yang berada di dalamnya hanyalah bentuk simulasi kehidupan belaka.

Itulah menjadi cikal bakal adanya kepercayaan dan pemahaman akan bentuk bumi milineal tersebut. Gambaran Bumi ini bisa kalian cari lebih lanjut dengan menelusuri Digital World Theory, yang merupakan teori penjelasan dan penjabarannya.

Sumber: https://jalantikus.com/gokil/bentuk-bumi-selain-bulat-dan-datar/

Saksikan Video Berikut di Sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.