Sukses

6 Desa Terapung di Indonesia yang Memikat Dunia

Desa terapung lokasinya berada di tengah-tengah air laut atau air danau.

Citizen6, Jakarta Pernahkah kamu mengunjungi desa yang berada di atas air, yang dikenal dengan desa terapung? Bila belum pernah, kamu bisa menontonnya dari televisi. Di Indonesia, banyak tersebar desa terapung yang berlokasi di atas air.

Sebagian besar desa terapung berada di daerah terpencil. Rumah-rumah terapung berada di tengah-tengah laut atau danau. Rumah di desa terapung ini berbentuk rumah panggung.

  • Desa Ayapo, Jayapura

Desa Ayapo mengapung di tengah perairan, yang menghadap Danau Sentani. Desa ini termasuk salah satu desa dari 24 desa adat yang tersebar di danau nan indah. Rumah-rumah terapung terkenal kokoh.

Forum Liputan6

Rahasia kekokohan rumah ternyata berasal dari jenis kayu yang digunakan. Orang lokal biasa menggunakan kayu Sua, yang akan semakin awet bila terkena air.

  • Desa Tablasupa, Papua

Desain rumah panggung yang berada di tengah-tengah air berada di Teluk Tanah Merah. Rumah terapung dibuat dari kayu dan bambu.

Forum Liputan6

Di sebuah tugu gerbang masuk desa terdapat tulisan, 'A Sena Waldi', artinya kabar baik. Tugu gerbang merupakan tugu peringatan yang sudah ada sejak lama.

Baca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini