Sukses

Riza Falepi : Alumni ITB Harus Mampu Menjadi Pilar Bangsa

Setelah sukses membenahi Payakumbuh Riza Falepi terpanggil ingin memajukan almamaternya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB)

Citizen6, Bandung Jelang H-1 pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni ITB (IA -ITB). Masing-masing kubu dari 4 kandidat, selain Riza Falepi, kandidat lainnya Ridwan Djamaluddin (Kemenko Kemaritiman & Sumberdaya Manusia), Pontas Romulo Tambunan (CEO PT Kilat Wahana Jenggala), dan Hiramsyah S. Thaib (CEO PT Teknologi Riset Global) telah melakukan usahakan memenangkan perebutan kursi Ketua Umum IA ITB 2016-2020 yang digelar Sabtu (23/1) di Bandung, Jawa Barat.

Riza Falepi salah satu kandidat yang saat ini menjabat Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat dengan slogan kampanyenya, “Lead for Nation” mengatakan seandainya terpilih, ia akan mampu membawa IA ITB seperti membawa Payakumbuh dari titik kecil di peta Indonesia, menjadi sebuah rujukan kota yang maju, kota yang berprestasi, dalam sebuah harmoni.

Diakui Riza potensi alumni ITB harus diperluas bukan hanya mengurusi perusahaan atau pendidikan, tapi harus mampu mempengaruhi bahkan membuat kebijakan, dengan atau tanpa harus memakai kendaraan partai politik, aku akan mengambil peran itu dengan atau tanpa ikatan alumni.

Alumni ITB lulusan Jurusan Teknik Elektro Angkatan 1989, mengakui merasakan kedalaman dan kerendahan hati yang sama. “Saya hanya ingin mengkonsolidasi kawan-kawan alumni," tegasnya.

Pria Kelahiran Payakumbuh yang menginjak usia ke-46 tahun ini, merasa sudah waktunya untuk memekarkan idea bahwa alumni ITB adalah kader pemimpin bangsa, bukan hanya di bidang teknik atau usaha, tapi juga kepemimpinan nasional.

“Saya tidak berlebihan mengatakan bahwa anak ITB harus menjadi pemimpin daerah, tapi paradigma kepemimpinan sudah saatnya ditabur di kalangan alumni ITB. Selain bukti bahwa berkarya di daerah cukup menjanjikan kehidupan yang layak tanpa harus korupsi," katanya.

Apalagi, gelombang kaderisasi kepemimpinan nasional saat ini memang banyak dimulai dari kalangan pimpinan daerah. Bahkan Presiden RI, Djoko Widodo pun memulai karirnya sebagai walikota, dan saat ini lebih dari selusin pimpinan daerah yang dianggap berhasil mulai digadang-gadangkan sebagai kader pimpinan nasional, termasuk Riza Falepi adalah salah satunya.

Sudah banyak orang pintar di ITB, banyak pejabat, banyak orang sukses, banyak orang kaya, banyak industriawan dan pengusaha, tak terhitung profesional yang lahir dari kampus Ganesha. Tapi yang diperlukan oleh IA ITB adalah kepimpinan yang rendah hati, berwawasan kebangsaan, dengan leadership yang teruji, tidak gamang berhadapan dengan seluruh elemen bangsa termasuk birokrat, masyarakat, LSM termasuk partai politik.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini