Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Jokowi dan Anies Memakai Kebaya dan Bersanggul

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan sanggul dan kebaya.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Latukau, dalam foto memperlihatkan wajah yang identiuk dengan Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya berwarna merah.

Unggahan foto akun Facebook Latukau juga membagikan foto tersebut ke grup INDONESIA BERSUARA, kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"Yg mana pilihan kmu"

Benarkah Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

[Cek Fakta Liputan6.com](4315050/ "") menelusuri klaim foto Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya menggunakan Google Image, dengan menjadikan foto klaim sebagai bahan penelusurannya.

Penelusuran foto Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya fotostudiosolo.wordpress.com, Penelusuran klaim Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

Situs jasa foto studio tersebut memuat foto perempuan yang mengenakan sanggul dan kebaya yang identik dengan foto klaim.

 Penelusuran waja yang identik dengan klaim foto Jokowi dilanjutkan menggunakan Yandex.

Penelusuran klaim Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

 

 Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Do you think the President would ever use a regular Gmail account and choose 'jokowiriana' as his address?" yang dimuat situs en.brilio.net, pada 12 Juli 2017.

Penelusuran klaim Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

Situs tersebut memuat foto Jokowi dengan ekspresi wajahnya identik dengan klaim. Foto tersebut merupakan karya fotografer AFP Money Sharma.

 Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Yandex untuk foto yang identik dengan wajah Anies.

Penelusuran foto Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

 Penelusuran mengarah pada situs p4tkpertanian.kemdikbud.go.id, situs tersebut memuat foto Anies dengan ekspresi muka yang identik dengan foto klaim.

Penelusuran foto Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto  Jokowi dan Anies mengenakan sanggul dan kebaya tidak benar. Foto tersebut hasil editan.

Foto sebenarnya adalah waniita yang mengenakan sanggul dan kebaya merupakan model studio foto.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS