Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Berfoto di Depan Tembok Bertuliskan Karya Terbaik Pemerintah Adalah Utang

penelusuran klaim foto Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang

Liputan6.com, Jakarta- Beredar klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto  di depan tembok bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang.

Foto tersebut diunggah akun Facebooke Roel, pada 23 Juli 2020. Unggahan tersebut mendapat 171 komentar dan diberi keterangan sebagai berikut:

"Kurang ajar nih yg moto"

Pada foto yang di unggah telihat Presiden Jokowi dengan tangan dibelakang mengenakan baju putih dan celan hitam. Dia berdiri di belakang tembok yang bertuliskan " karya terbaik pemerintah adalah utang"

Benarkah foto Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan "karya terbaik pemerintah adalah hutang"? Simak Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

penelusuran  foto Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan

 Penelusuran mengarah pada artike foto berjudul "FOTO: Tanpa Masker, Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Pekanbaru" yang dimuat situs liputan6.com, pada 17 September 2020.

Dalam artikel tersebut, memuat foto Presiden Jokowi yang identik dengan foto klaim.

Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan

 

 Berikut keterangan pada artikel tersebut:

"Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditemani sejumlah pejabat saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau."

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri tembok latar belakang Presiden Jokowi berdiri menggunakan Google Image.

foto Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan

Hasil penelusuran mengarah pada sejumlah situs media sosial diunggah sejumlah nitizen, sebagai kritik sosial dari seni urban. Salah satunya diunggah akun Twitter Irawan Djoko Nugroho @irawan_djoko.

Dalam tersebut memperlihatkan tembok yang bertuliskan " karya terbaik pemerintah adalah hutang". Namun, tidak terdapat foto presiden Jokowi.

 

 penelusuran  Presiden Jokowi berfoto di depan tembok bertuliskan

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi berdiri di belakang tembok yang bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang tidak benar, foto tersebut merupakan hasil editan yang berasal dari dua foto yang berbeda.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.