Sukses

Cristiano Ronaldo Cetak Gol Sambil Pecahkan Rekor Dunia, Perlebar Jarak dengan Lionel Messi

Ronaldo saat ini telah mengemas 123 gol internasional, terpaut 20 gol dari rival abadinya, Lionel Messi, yang masih berada di 103 gol.

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo mencetak gol kemenangan di menit-menit terakhir ketika menghadapi Islandia dalam kualifikasi UEFA Euro, Rabu (21/6/2023). Laga tersebut menjadi bersejarah karena Ronaldo berhasil menjadi pesepak bola pertama yang mencatatkan 200 caps internasional.

Guinness World Record pun memberikan Ronaldo sertifikat sebelum kick off sebagai penghargaan atas pencapaiannya tersebut.

Sebelumnya, eks superstar Manchester United itu telah memecahkan rekor striker asal Kuwait, Bader Al-Mutawa, yang mengoleksi 196 caps pada bulan Maret lalu.

Selain itu, Ronaldo juga semakin memperpanjang rekornya sebagai pemain yang paling banyak menorehkan gol internasional melalui gol tunggalnya pada laga tersebut. Gol itu awalnya dianulir karena Goncalo Inacio dianggap offside, tetapi akhirnya wasit mengesahkannya.

Dengan begitu, Ronaldo saat ini telah mengemas 123 gol internasional, terpaut 20 gol dari rival abadinya, Lionel Messi yang masih berada di 103 gol.

Messi sendiri sebenarnya berkesempatan untuk memperkecil jarak gol internasionalnya dengan Ronaldo dalam pertandingan uji coba melawan Indonesia hari Senin lalu. Namun sayang, ia ternyata tidak dilibatkan dalam skuad Lionel Scaloni yang berangkat ke Jakarta setelah sebelumnya mengalahkan Australia di Beijing, Cina.

Dalam pertandingan melawan Socceroos tersebut, Messi berhasil mempersembahkan sebuah gol yang membantu Argentina untuk akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungguli Messi di Level Klub

Selain memiliki lebih banyak gol di level internasional ketimbang Lionel Messi, Cristiano Ronaldo ternyata juga menorehkan lebih banyak gol di level klub. Meski begitu. Tercatat pemain jebolan akademi Sporting CP itu telah mengoleksi 715 gol klub di sepanjang kariernya. Sementara La Pulga tertinggal di 704 gol.

Meski begitu, Ronaldo bisa dibilang unggul karena telah memainkan dua musim lebih banyak ketimbang Messi. Bomber asal Argentina itu pun berkesempatan besar untuk menyusul rekornya mengingat selisih gol antara keduanya tidak begitu jauh.

Apalagi selama beberapa musim ke belakang pencapaian gol Ronaldo agak menurun, Messi tetap konsisten, meskipun laju pemain berusia 35 tahun itu sedikit melambat setelah bergabung dengan PSG.

Dan sementara Ronaldo saat ini memiliki lebih banyak gol secara keseluruhan, Messi memiliki keunggulan dalam mencetak gol dengan rata-rata per musim yang lebih tinggi (37,9 hingga 35 gol). Pencapaian tertingginya adalah pada musim 2011/2012 ketika ia mengantongi 73 gol di semua kompetisi.

Adapun gol klub terbanyak yang dicetak Ronaldo dalam semusim adalah 61 gol yang ia capai pada musim 2014/2015. Ia juga berhasil melampaui 50 gol setiap musimnya selama enam tahun antara 2010/2011 dan 2015/2016.

3 dari 3 halaman

Messi Lebih Efektif Daripada Ronaldo

Jika melihat catatan gol kedua pemain di semua level, Cristiano Ronaldo tetap masih lebih unggul ketimbang Lionel Messi.

Ronaldo sementara ini telah mencatatkan 838 gol dari 1168 penampilannya di semua klub dan kompetisi. Sementara Messi masih terpaut 31 poin dengan torehan 807 gol yang dicetaknya dalam 1028 penampilan.

Meski memiliki catatan gol yang lebih sedikit, Messi bisa dibilang lebih efektif ketimbang rivalnya tersebut karena membutuhkan pertandingan yang lebih sedikit untuk bisa mencapainya.

Berdasarkan data tersebut, Messi artinya dapat mencetak sebuah gol setiap 104,8 menit, sementara Ronaldo 113,2 menit. Gol per pertandingannya berada di angka 0,79, sedikit lebih besar daripada pemain yang saat ini membela Al-Nassr itu yang memegang angka 0,72.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.