Sukses

Perenang Nasional Ikutan Kompetisi Internasional Oceanman

Beberapa perenang nasional akan ikut ajang renang di perairan terbuka Oceanman pada awal Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi renang perairan terbuka Oceanman akan kembali digelar di Bali pada Juli 2022 nanti. Sejumlah perenang nasional akan ikut serta di ajang ini. 

Perhelatan kompetisi Internasional Oceanman yang sudah digelar di dunia sejak 2015, untuk kali pertama diselenggarakan di Indonesia tahun 2021 dan digelar di Sanur, Bali. Untuk tahun ini, pantai Jimbaran, Bali akan menjadi lokasi kompetisi renang internasional terbesar yang berlangsung di perairan terbuka tersebut. 

Rencananya Oceanman kali ini akan digelar 1-2 Juli 2022. Karena Pandemi Covid-19 mulai terkendali, Oceanman 2022 akan bisa diikuti peserta dari luar negeri. 

Hingga Senin 25 April, jumlah total peserta yang sudah mendaftar adalah 181 atlet dari dalam negeri dan 30 atlet luar negeri yaitu dari Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina dan Vietnam. Jumlah pendaftar tersebut sudah melampaui banyaknya jumlah peserta tahun lalu yang hanya 167 perserta lokal dan asing.

Oceanman di Bali ini digagas dua Olympian renang Albert C Sutanto dan Felix C Sutanto. Selain untuk olahraga renang, Oceanman juga dimaksudkan untuk membantu memulihkan pariwisata nasional terutama Bali pascapandemi covid-19. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Bali

Diharapkan dengan adanya Oceanman dimana banyak atlet asing berdatangan maka roda perekonomian kembali bangkit dari keterpurukan, utamanya yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Terlebih Oceanman tidak hanya ajang kompetisi renang saja, karena wisatawan yang datang dapat merasakan beberapa acara hiburan lokal menarik yang tergabung dalam kategori race pack collection beberapa di antaranya traditional dance perfomance, live music, produk bazar UMKM lokal, food and beverage, fun games, dan masih banyak hal seru lainnya," ujar Felix dalam siaran persnya di Jakarta, Senin 25 April 2022.

3 dari 4 halaman

Rute

Dalam ajang kompetisi renang internasional ini, Oceanman mempertandingkan empat kategori yaitu Oceankid dengan jarak 1 km, Sprint Oceanman 2 km, Half Oceanman 5 km, dan Oceanman dengan jarak 10 km.

Rute ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing sisi berjarak 1,66 km.

"Kompetisi akan berlangsung selama dua hari. Jadi nanti hari pertama diisi dengan kegiatan kegiatan hiburan yaitu race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan entertainment," ungkap Felix lagi.

Sedangkan hari kedua diisi dengan acara inti kompetisi yaitu race area open/drop bag, flag off oceanman 10k, flag off half oceanman 5k, flag off oceanman 2k, flag off oceankid 1k, dan terakhir ditutup dengan upcara serta pembagian trofi. 

 

 

4 dari 4 halaman

Siman dan Victor

Indonesia sendiri untuk tahun ini akan diikuti oleh perenang-perenang nasionalnya seperti Siman Sudartawa dan Glenn Victor.

"Kami berharap dengan kompetisi ini, bisa memacu para atlet Indonesia untuk bisa berprestasi dan bersaing di tingkat dunia," tegas Albert C Sutanto, founder Oceanman, yang juga menjadi pelatih nasional renang ini.

"Yang pertama disiapkan sih pasti mental ya karena kan kita biasanya berenang di kolam, kalau berenang di laut kan beda, banyak teknik. Teknik yang berbeda dari yang di kolam untuk yang di laut. Oceanman yang pertama saya ikut waktu itu di Sanur. Perbedaanya mungkin dari arus lautnya di Jimbaran lebih deres daripada Sanur," ucap Glen Victor.

Walaupun saat ini Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi, Milenium Aquatic sebagai pemegang lisensi Oceanman Indonesia tetap menyelenggarakan kegiatan internasional tersebut untuk kali kedua dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Millennium Aquatic juga melihat perkembangan olahraga renang perairan terbuka di Indonesia masih tertinggal padahal Indonesia memiliki banyak pantai yang sangat indah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.