Sukses

Kylian Mbappe dan Lewandowski Blak-Blakan Menentang Usulan Kontroversial FIFA

Lewandowski mengambil sikap yang sama dengan Kylian Mbappe soal usulan FIFA tentang perubahan format turnamen internasional.

Liputan6.com, Jakarta Kylian Mbappe dan Robert Lewandowski telah menjadi bintang sepak bola terbaru yang menentang rencana FIFA untuk menggelar Piala Dunia dua tahunan.

Seperti diketahui, rencana tersebut, didorong mantan bos Arsenal dan Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA saat ini, Arsene Wenger, Dia menilai Piala Dunia sebaiknya berlangsung setiap dua tahun, bukan empat tahun seperti biasanya.

Namun, sejauh ini, rencana tersebut banyak ditentang sejak ide tersebut dipublikasikan. Dan, Mbappe dan Lewandowski kini telah menjadi pesepakbola terbaru yang secara terbuka menyuarakan penentangan mereka terhadap perubahan kontroversial itu.

“Memainkan Piala Dunia setiap dua tahun, itu akan membuat kompetisi ini normal, dan itu tidak boleh terjadi,” kata Mbappe, yang menjadi bagian besar dari kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018.

“Selama satu musim, kami harus memainkan 60 pertandingan setahun. Euro, Piala Dunia, Liga Bangsa-Bangsa… Kami suka bermain tapi itu terlalu berlebihan. Jika orang ingin melihat kualitas, saya pikir kita perlu istirahat,” kata Mbappe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perlu Istirahat

Striker Bayern Munchen Lewandowski mengambil sikap yang sama ketika dia ditanyai tentang rencana untuk mengubah format turnamen internasional.

“Kami memiliki banyak pertandingan tahun ini, minggu-minggu yang sangat sibuk. Jika Anda ingin memberi penggemar sesuatu yang berbeda, Anda perlu istirahat," katanya.

3 dari 5 halaman

Transisi

“Kami harus melihat ke depan, jika kami ingin memainkan Piala Dunia setiap dua tahun, levelnya akan turun. Tidak mungkin bagi tubuh dan pikiran untuk tampil pada level yang sama.”

FIFA bersikeras bahwa keinginan mereka untuk mentransisikan Piala Dunia menjadi acara dua tahunan telah didorong oleh generasi muda penggemar sepak bola.

4 dari 5 halaman

Tak Dapat Dukungan

Tetapi rencana mereka hampir tidak mendapat dukungan publik selama beberapa bulan terakhir. Namun, terlepas dari reaksi permusuhan, Wenger menegaskan bahwa mengubah format Piala Dunia saat ini akan membantu "mengembangkan" permainan.

"Apa yang saya cukup terkejut (oleh) dalam masyarakat yang anti-diskriminatif, jika Anda bertanya kepada seseorang di jalan apakah Piala Dunia wanita setiap dua tahun itu bagus, mereka berkata 'ya, fantastis, itu akan mengembangkan permainan wanita. '," kata Wenger bulan lalu saat berbicara di saluran Youtube FIVE milik Rio Ferdinand.

5 dari 5 halaman

Emosional

“Mengapa itu buruk bagi pria? Itu menunjukkan bahwa keengganan pada dasarnya bersifat emosional. Kami semua tumbuh dalam siklus (Piala Dunia) setiap empat tahun dan kami ingin mempertahankannya seperti itu," kata Wenger.

"Kami melihat perpecahan dalam jajak pendapat kami bahwa generasi muda mendukung, generasi di atas 50 menentang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.