Sukses

Batal Ikut European Super League, Saham MU Nyungsep

Harga saham MU mengalami penurunan signifikan akibat batal ikut European Super League.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United baru saja memutuskan mundur dari Liga Super Eropa atau European Super League. Langkah MU ini membuat harga saham mereka turun cukup signifikan.

MU bersama lima klub Liga Inggris lainnya yakni Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur memutuskan batal ikut European Super League pada Selasa (20/4/2021) malam waktu Inggris.

Keputusan MU dan lima klub Inggris lainnya ini diduga karena mendapat tekanan hebat dari fans dan juga pemerintah Inggris. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menolak ide European Super League.

Menurut laporan Sky Sports, saham MU mengalami penurunan 6,60 persen menjadi 16,12 USD per lembar pada Selasa sore waktu setempat. Penurusan saham sudah terjadi sejak isu mundurnya klub-klub Liga Inggris dari European Super League mencuat.

Saham MU dan peserta lain Juventus sempat melonjak tajam saat pengumuman Liga Super Eropa pada Minggu (18/4/2021). Pasalnya klub peserta akan mendapat kucuran dana segar dalam jumlah besar.

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide

European Super League awalnya direncanakan jadi tandingan Liga Champions. Liga Super Eropa ini bakal diikuti 20 klub dan dimulai Agustus 2021.

Di awal kemunculannya ada 12 klub yang sudah bersedia ikutan. Ke-12 klub awal adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Mereka akan menjadi peserta tetap bersama tiga klub lain. Ke-15 klub berstatus pendiri Liga Super Eropa. Nantinya akan ada lima klub tidak tetap yang bisa berganti tiap musimnya.

3 dari 3 halaman

Ditunda

Namun dengan mundurnya enam klub Liga Inggris, European Super League akhirnya ditunda dan tak jadi jalan tahun 2021.

Adanya European Super League juga membuat UEFA kelabakan. Mereka akan mengubah format Liga Champions dengan menghadirkan hadiah yang lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham