Sukses

Resmi Jadi Manajer Chelsea, Tuchel Hadapi Tugas Berat di Laga Debut

Chelsea secara resmi sudah mengumumkan penunjukkan Thomas Tuchel sebagai manajer baru. Dia dituntut untuk memberi dampak instan

Liputan6.com, Jakarta Thomas Tuchel sudah resmi ditunjuk sebagai manajer baru Chelsea. Penunjukkan mantan pelatih Paris Saint German (PSG) itu diputuskan setelah klub London itu, memecat manajer sebelumnya Frank Lampard.

Dalam pengumumannya Rabu dinihari WIB (27/1/2021), Tuchel diberi kontrak kerja berdurasi 18 bulan disertai opsi perpanjangan yang berada di tangan Chelsea.

"Saya berterima kasih kepada Chelsea atas kepercayaan mereka terhadap saya dan staf," kata Tuchel dikutip dari laman resmi Chelsea.

"Saya menghormati pekerjaan dan warisan Frank Lampard di Chelsea. Secara bersamaan, saya tak sabar untuk segera bertemu anggota tim dan bersaing di liga sepak bola paling menarik ini," ujarnya.

Tuchel akan melakoni debutnya mendampingi Chelsea saat The Blues menjamu Wolverhampton, Kamis dinihari nanti di Stamford Bridge.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ubah Performa

Pelatih berusia 47 tahun itu jelas dituntut untuk memberi dampak instan mengubah performa Chelsea, mengingat klub kepunyaan Roman Abramovich itu tak mengenal kata sabar dalam kamus mereka dan cukup rajin bergonta ganti pelatih.

Mereka hanya meraih dua kemenangan di delapan laga terakhir sehingga terdampar di peringkat sembilan klasemen sementara. Chelsea takluk lima kali dalam periode tersebut, salah satunya diderita saat bertandang ke markas Wolverhampton.

3 dari 5 halaman

Balas Dendam

Klub London Barat itu kini berambisi membalas dendam, meski belum diketahui apakah kepergian Lampard bakal langsung memberi dampak positif atau tidak.

Beruntung bagi Chelsea, kinerja tim tamu juga sama buruknya. Wolverhampton gagal menang di enam pertandingan teranyar Liga Inggris.

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak

Tuchel tiba di Stamford Bridge dengan rekam jejak membawa PSG menyapu trigelar domestik Prancis musim lalu. Namun, Tuchel juga harus mengakhiri kariernya di klub tersebut menyusul awal musim yang kurang meyakinkan sebulan lalu.

Di Chelsea, Tuchel berkesempatan melakoni reuni kecil dengan mantan pemainnya di Dortmund, Christian Pulisic, serta eks kaptennya di PSG, Thiago Silva.

5 dari 5 halaman

Karier Tuchel

Secara keseluruhan di PSG meraih dua gelar Liga Prancis, satu trofi Piala Prancis dan satu trofi Piala Liga Prancis serta menjadi runner-up Liga Champions musim lalu.

Sebelum di PSG, Tuchel menghabiskan dua musim bersama Borussia Dortmund di mana ia menjuarai Piala DFB Pokal 2016/17 serta sempat membawa FSV Mainz tampil di Liga Europa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Thomas Tuchel adalah pelatih kenamaan asal Jerman yang kini menahkodai Chelsea FC
    Thomas Tuchel adalah pelatih kenamaan asal Jerman yang kini menahkodai Chelsea FC

    Thomas Tuchel

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Frank Lampard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Everton
    Frank Lampard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Everton

    Frank Lampard

  • Berita Bola