Sukses

5 Pemain Top yang Dijegal Virus Corona Covid-19 di Bursa Transfer

Keuangan klub-klub Eropa ikut terganggu dengan adanya pandemi virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 yang melanda seluruh dunia benar-benar telah menghancurkan perekonomian. Klub-klub sepak bola juga terkena imbasnya, termasuk klub raksasa Eropa.

Kompetisi sepak bola Eropa yang sempat dihentikan karena pandemi virus corona Covid-19 memang sudah bisa dilanjutkan kembali usai terhenti hampir tiga bulan. Namun banyak penyesuaian yang harus diterapkan.

Salah satunya adalah pertandingan digelar tanpa penonton. Karena stadion kosong melompong, pemasukkan klub-klub Eropa merosot drastis. Penjualan merchandise juga seret.

Presiden Real Madrid Florentino Perez sudah terang-terangan mengakui keuangan klubnya terganggu karena pertandingan tanpa penonton. Akibatnya Real Madrid harus berhemat dalam perburuan pemain.

"Tahun ini adalah yang paling sulit bagi saya. Kami kehilangan penghasilan penting dari stadion. Kami harus berbicara dengan para pemain agar mereka melakukan bagian mereka. Jika mereka tidak secara sukarela menurunkan gaji mereka, perusahaan akan menderita kerugian. Ini situasi yang luar biasa," ujar Perez beberapa waktu lalu.

"Kami menerima banyak pemasukan dari stadion, kami mengalami kerugian 25% yang merupakan banyak uang," lanjut Perez.

Merosotnya pemasukkan klub-klub besar Eropa ini membuat bursa transfer musim panas 2020 diprediksi akan lesu. Takkan ada transfer besar yang terjadi.

Klub-klub kemungkinan akan menyiasatinya dengan sistem trade atau pertukaran pemain yang selama ini lazim dilakukan klub-klub NBA.

Beberapa pemain bintang yang sebelumnya santer dikabarkan akan pindah klub terancam gigit jari dengan adanya pandemi virus corona Covid-19. Berikut 5 transfer besar yang terkena dampak virus corona Covid-19.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kylian Mbappe

Sebelum wajah virus corona Covid-19 merebak, Kylian Mbappe ramai diberitakan akan meninggalkan Paris Saint Germain dan bergabung dengan Real Madrid.

Negosiasi kepindahan pemuda Prancis itu ke Real Madrid disebut sudah akan rampung sebelum semuanya berantakan setelah Covid-19 menyerang.

"Saya tahu dari sumber klub, bahwa sebuah kesepakatan untuk membawa Kylian Mbappe ke Real Madrid hampir tuntas. Tapi dengan apa yang sudah terjadi, saya yakin kedatangan Mbappe di Real Madrid akan tertunda," ungkap eks pemain Paris Saint Germain Jerime Rothen kepada Radio Montecarlo beberapa waktu lalu.

3 dari 6 halaman

Paul Pogba

Pogba juga sudah sejak tahun lalu diisukan akan pindah dari MU. Real Madrid dan Juventus menjadi dua klub yang paling berminat merekrutnya.

Kini dengan adanya Covid-19 hampir mustahil Pogba akan pindah. Pemuda Prancis itu kemungkinan besar akan menetap di Old Trafford.

Real Madrid sudah menutup kemungkinan membeli Pogba karena Covid-19. "Situasinya sangat buruk. Sulit untuk meminta para pemain untuk menerima pemotongan gaji untuk membantu menangani situasi dan kemudian membuat pembelian seperti itu. Itu bisa menunggu. Real Madrid akan merekrut yang terbaik lagi ketika situasinya berubah," ujar Perez.

Juventus juga tak bisa mengeluarkan uang tunai 100 juta euro. Juve cuma berani mengajak MU melakukan barter pemain.

4 dari 6 halaman

Jadon Sancho

Jadon Sancho menjadi buruan utama MU. Setan Merah ingin Sancho bergabung mulai musim depan untuk menggantikan Jesse Lingard yang tampil sangat buruk.

Keuangan MU ikut terkena imbas virus corona Covid-19. MU tak bisa memenuhi permintaan Dortmund yang menginginkan diatas 120 juta pound untun Sancho.

MU kabarnya ingin diskon setengah harga dari Dortmund. MU tak bisa membayar di atas 100 juta pound untuk seorang Sancho.

Anggaran belanja MU memang cukup besar, tapi masih harus dibagi untuk membeli beberapa pemain. Sedangkan pemain yang akan dijual MU susah laku di tengah situasi sulit virus corona Covid-19.

5 dari 6 halaman

Lautaro Martinez

Sudah menjadi rahasia umum bila Lautaro Martinez menjadi incaran Barcelona untuk musim panas 2020. Pemuda Argentina itu disiapkan menggantikan Luis Suarez yang sudah uzur.

Inter Milan menginginkan 90 juta euro dari penjualan Lautaro. Permintaan Inter sulit dipenuhi Barcelona. Sejauh ini Barca masih merayu Inter agar mau melakukan pertukaran pemain.

Barcelona siap memberikan pemain seperti Arturo Vidal, Nelson Semedo, Junior Firpo hingga Ivan Rakitic ditambah uang tunai untuk ditukar Lautaro Martinez.

6 dari 6 halaman

Neymar Jr

Neymar Jr juga merupakan salah satu target Barcelona. Pemuda Brasil itu sangat dirindukan oleh Lionel Messi. Seperti diketahui Messi kurang cocok dengan Antoine Griezmann.

Tapi sangat mustahil bagi Barcelona bisa memulangkan Neymar tahun ini. PSG mematok harga Neymar di atas 150 juta euro.

Barcelona takkan bisa menebus Neymar di tengah situasi ekonomi sulit akibat pandemi virus corona Covid-19.

Saat ini Barcelona kesulitan menjual beberapa pemain yang sudah tak berguna seperti Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Tidak ada klub yang mau membelinya sekarang dan mayoritas hanya mau meminjam saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.