Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Tak Cuma Pegawai, Pengangguran Juga Lebih Bahagia di Hari Libur

Libur akhir pekan ternyata tak hanya menjadi hari-hari terbaik bagi para pegawai yang bekerja. Penelitian terbaru dari Stanford University menemukan bahwa Sabtu dan Minggu juga menjadi hari paling menyenangkan bagi para pengangguran.

Seperti dikutip dari situs resmi Stanford, Sabtu (22/2/2014), hasil penelitian tersebut menunjukkan para pengangguran merasa lebih bahagia karena dapat menghabiskan banyak waktu dengan rekan-rekannya yang bekerja.

"Rasa kebahagiaan cenderung memuncak di hari libur dan kembali menurun di hari kerja. Tak heran, banyak orang merasa enggan menghadapi hari senin," ungkap salah seorang peneliti di Stanford University Cristobal Young.

Studi tersebut menunjukkan, kadar kebahagiaan seseorang cenderung meningkat sebanyak 15% di hari libur. Pada Sabtu dan Minggu, emosi negatif seperti tekanan, kemarahan dan kesedihan terhitung jarang muncul.

"Mengapa orang-orang lebih bahagia di hari libur? dugaan yang sering muncul adalah karena banyak orang tidak bekerja di akhir pekan. Ternyata jawabannya tidak sesederhana itu. Lagipula, tidak bekerja bukan alasan Anda bahagia di hari libur," jelas Young.

Dalam penelitian tersebut, para penganggura merupakan kunci untuk memahami rasa bahagia di hari libur. Para pengangguran tidak memiliki pekerjaan tapi terbukti mengalami peningkatan kadar kebahagiaan yang sama dengan para pegawai.

"Artinya, bukan tidakk bekerja yang menjadi alasan orang merasa bahagia di hari libur. Tetapi ada hal yang jauh lebih bermakna dan alasan mendalam lebih dari sekadar tidak bekerja," tuturnya.

Sekadar informasi, penelitian tersebut dilakukan pada 500 ribu penduduk AS yang dipadukan dengan data tenaga kerja dari American Time Use Survey selama delapan tahun terakhir. (Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik diĀ cpns.liputan6.com
Loading