Sukses

Ujicoba Sukses, Kota Ini Baru Pertama Kali Nikmati Listrik

Untuk tahap awal, pasokan listrik ke wilayah Bintuni, Papua Barat sebesar 1,8 MW.

Tangguh LNG dan PT PLN (Persero) telah berhasil menggelar uji coba transmisi listrik dari kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG)  Tangguh di Teluk Bintuni ke Kota Bintuni, Provinsi Papua Barat.

BP Regional President Asia Pacific  William Lin, mengatakan, ujicoba tersebut merupakan tahap awal dari rencana untuk mengalirkan 4 Megawatt (MW) listrik dari Tangguh ke beberapa lokasi di Teluk Bintuni.

"Uji coba dilakukan sejak tanggal 5 Februari hingga diresmikan pada hari ini untuk memastikan stabilitas pasokan listrik sebelum PLN mendistribusikan listrik tersebut ke pelanggan PLN di Teluk Bintuni," kata  William Lin, di Jakarta, Senin (17/2/2014).

Dengan keberhasilan ini, masyarakat Kota Bintuni untuk pertama kalinya memperoleh pasokan listrik untuk jangka panjang seiring adanya sumber kilang LNG Tangguh. "Kami berharap akan ada lebih banyak masyarakat di Teluk Bintuni yang dapat menikmati listrik di bulan-bulan mendatang,” ungkap William Lin.

Pencapaian ini termasuk dari komitmen BP sebagai bagian dari rencana Pengembangan Tangguh dan pentingnya mendukung pembangunan Papua Barat.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji menambahkan, PLN akan terus berupaya meningkatkan angka rasio elektrifikasi dengan menambah pasokan dan memperluas jaringan listrik, diantaranya melalui sinergi dengan berbagai pihak.

Pada ujicoba kali ini, listrik yang dialirkan ke Bintuni mencapai 1,8 MW. Selanjutnya secara bertahap, pasokan listrik ke kota ini akan mencapai beban puncak sebesar 2,4 MW. Dengan berhasilnya penyaluran listrik dari Tangguh ini, diperkirakan beban puncak listrik di Bintuni dan sekitarnya akan naik secara cepat hingga mencapai 3 sampai 4 MW.

Perjanjian penyaluran dan pengambilan tenaga listrik (SOA) telah ditandatangani antara BP dan PLN pada 3 Desember 2013 yang mana menyebutkan bahwa BP akan memasok 4MW listrik kepada PLN selama 20 tahun untuk dijual dan didistribusikan kepada masyarakat di Teluk Bintuni.(Pew/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

BP Tangguh Ikut Pasok Listrik ke Papua Barat

PLN Rogoh Rp 57,5 Triliun untuk Investasi

22% Rakyat RI Belum Nikmati Listrik Hingga Akhir 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini