Sukses

Menteri Trenggono Kurban Sapi Limousin Jumbo Seberat 1,05 Ton

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono turut berkurban pada momen Hari Raya Idul Adha 1445 hijriyah kali ini. Seekor sapi yang dikurbankan diketahui sebesar 1,05 ton.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono turut berkurban pada momen Hari Raya Idul Adha 1445 H kali ini. Seekor sapi yang dikurbankan diketahui sebesar 1,05 ton.

Pemotongan sapi kurban Menteri Trenggono jenis limousin ini dilakukan usai salat ied di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024) pagi.

"Selamat hari raya Idul Adha, semoga Allah SWT meridhoi amal ibadah kita," ungkap Menteri Trenggono, dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Diketahui, total ada 20 hewan kurban yang disembelih panitia kurban KKP, yang berasal dari titipan Menteri Trenggono dan para pejabat lainnya. Rinciannya sebanyak 8 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Puluhan hewan kurban ini berasal dari sejumlah kandang peternak yang ada di wilayah Jabodetabek.

Diperkirakan akan ada ribuan paket daging kurban dari hasil pemotongan itu dengan berat 1 kg daging per paketnya. Selanjutnya paket daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitaran Gedung Mina Bahari, pegawai, para petugas kebersihan, teknisi, hingga petugas keamanan.

"Semangatnya adalah berbagi, dan Alhamdulillah dari tahun ke tahun kegiatan pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha bisa terus dilakukan di sini," pungkas Menteri Trenggono.

Sebagai informasi, hewan kurban yang dipotong tahun ini di KKP jumlahnya bertambah hingga tiga kali lipat dari Idul Adha tahun lalu sebanyak empat ekor sapi dan dua ekor kambing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sumbang Sapi Kurban ke IKN

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi sebesar 900 kilogram (kg) untuk dalam momen kurban Idul Adha. Sapi itu disalurkan ke Masjid Darussalam, Sepaku, dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Masjid ini menjadi lokasi salat ied dan penyembelihan hewan kurban yang diikuti juga oleh Otorita IKN. Acara ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN untuk mendukung kegiatan keagamaan dan memperkuat hubungan dengan masyarakat setempat.

Pada Sabtu (10/6/2024) lalu, Otorita IKN menerima Bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa seekor sapi yang diserahkan oleh perwakilan dari Istana Kepresidenan yang selanjutnya diserahkan kepada pihak Masjid Darussalam, Desa Tengin Baru. Sapi yang diberikan berjenis Limosin dengan berat mencapai 900 kg.

 

3 dari 3 halaman

Disebar ke Masyarakat

"Hasil penyembelihan hewan kurban ini nantinya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Desa Tengin Baru, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang," ujar Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito, dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan dari Presiden Republik Indonesia untuk kegiatan keagamaan di Nusantara dan sebagai simbol kebersamaan dalam merayakan Iduladha.

Suwito turut bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Presiden dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini