Sukses

Cepat Belajar Bukan Kunci Sukses di Tempat Kerja, CEO Amazon Beri Rahasianya

Andy Jassy menduduki posisi puncak di Amazon setelah Jeff Bezos mengundurkan diri pada tahun 2021. Jassy mengungkapkan kunci sukses menjadi pekerja yang unggul.

Liputan6.com, Jakarta - Kunci untuk menjadi unggul di tempat kerja bukanlah belajar dengan cepat untuk menjadi terpandai. Namun, CEO Amazon Andy Jassy mengatakan kunci sukses di tempat kerja adalah memiliki sikap positif.

Jassy, yang menduduki posisi puncak di Amazon setelah Jeff Bezos mengundurkan diri pada tahun 2021, membagikan "nasihat karier terbaiknya" dalam sebuah wawancara baru dengan CEO LinkedIn Ryan Roslansky.

"Menurut saya, hal yang paling menentukan seberapa baik Anda bekerja, terutama di usia 20-an, adalah sikap," ujar Jassy sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Kamsi (23/5/2024).

"Ini bukan hanya tentang menjadi menyenangkan," jelasnya.

"Memiliki sikap positif berarti Anda dapat bekerja dengan baik dalam tim dan menghormati tenggat waktu, selain hal-hal lainnya," tambah dia. 

Jika memiliki pola pikir yang benar, Jassy mengatakan seharusnya Anda bisa menjawab "ya" untuk pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan percaya diri:

  • Apakah Anda pekerja keras?
  • Apakah Anda lebih banyak melakukan daripada menentang?
  • Apakah Anda melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan?
  • Dapatkah Anda bekerja dalam tim?

Strategi-strategi ini sangat sederhana namun sering diabaikan.

"Orang-orang akan terkejut [dengan] betapa jarangnya orang dengan sikap yang baik," tambahnya. "Saya rasa hal ini membuat perbedaan besar."

Antusiasme dapat membuat Anda mampu memanfaatkan peluang seperti penugasan yang lebih berat dan program pelatihan karena seseorang lebih percaya diri untuk keluar dari zona nyaman dan yakin dapat mengatasi tantangan apapun yang muncul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Penasehat Bayangan

Jassy baru berusia 29 tahun saat bergabung dengan Amazon sebagai manajer pemasaran pada tahun 1997. Lima tahun setelah berkarir di sana, ia diundang untuk menjadi penasehat "bayangan" Bezos yang pertama, seorang kepala staf semu yang mengikuti semua rapat CEO.

Beberapa koleganya di Amazon menyuruhnya untuk tidak menerima tawaran tersebut, namun Jassy mengatakan bahwa ia memilih untuk fokus pada aspek positif dari pekerjaan tersebut karena dengan menerimanya, ia dapat memperkuat kemampuan kepemimpinannya.

"Saya hanya berpikir jika itu bukan sesuatu yang berhasil baik untuk Jeff maupun untuk saya jika saya mencobanya beberapa bulan, saya selalu dapat mencoba yang lain, tetapi jika itu berhasil, saya belum pernah mendengar pekerjaan lain seperti ini," katanya. "Dan itu merupakan pengalaman yang luar biasa."

Penting untuk dicatat bahwa kepemimpinan Amazon telah mendapat kecaman atas perlakuan terhadap karyawan gudang selama pandemi Covid-19 dan diduga menumbuhkan budaya tempat kerja yang keras\

 

3 dari 3 halaman

Cepat Dapat Mentor

Jassy sebelumnya telah mengakui bahwa perusahaan dapat meningkatkan perlakuannya terhadap karyawan.

"Saya pikir jika Anda memiliki sekelompok besar orang seperti yang kami miliki... ini hampir seperti sebuah negara kecil," ujarnya dalam KTT GeekWire pada tahun 2021. "Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik."

Terlepas dari posisi di dalam karier, memiliki sikap positif dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat di tempat kerja.

"Anda akan lebih cepat mendapatkan advokat dan mentor," kata Jassy.

"Orang-orang tersebut ingin Anda berhasil."

Penelitian telah menegaskan manfaat dari sikap positif di tempat kerja - bahwa hal ini dapat membuat Anda lebih produktif, meningkatkan kreativitas dan mencegah kelelahan, di antara manfaat lainnya.

"Ada begitu banyak hal yang tidak dapat dikendalikan dalam kehidupan kerja Anda," kata Jassy. "Namun Anda bisa mengendalikan sikap Anda."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.