Sukses

Bertemu Idrus Marham Hingga Maruarar Sirait, Menteri Bahlil Lahadalia Akui Bahas Politik

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku ada obrolan ringan politik saat bertemu politikus Partai Golkar, Idrus Marham.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui membuka bahasan ringan terkait politik dengan beberapa tokoh. Sebut saja, ada politikus Partai Golkar, Idrus Marham dan eks politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait.

Bahli mengatakan, ada obrolan ringan antara dia dan kedua tokoh tersebut. Apalagi, ada rekam jejak yang membuat keduanya cukup dekat hingga saat ini. Obrolan ini terjadi di sela-sela Halal Bihalal di rumah dinas Menteri Bahlil Lahadalia, di kawasan Jakarta Selatan.

"Ngobrol ringan. Pak Idrus ini mantan Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia). Dulu saya pengurusnya. Jadi ngobrol ringan. Kalau Bang Ara ini teman lama, Bapaknya dulu jadi anggota DPR mewakili provinsi saya. Jadi saya kenal itu sejak masih mahasiswa, ngomong-ngomong ringan lah, ya canda-canda. Ya biasa omongan-omongan Idul Fitri," ujar Bahlil di kediamannya, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Menteri kabinet Indonesia Maju, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menampik ada bahasan mengenai kursi kabinet baru nantinya. Diketahui, berdasarkan hitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan menjadi pemenang Pilpres 2024.

Meski begitu, Bahli mengaku ada obrolan-obrolan politik. Meski, diakui masih ada obrolan ringan perpolitikan dengan sosok Mantan Menteri Sosial, Idrus Marham.

"Ya ngomong-ngomong ringan. Kalau ada Pak Idrus tidak ngomong politik, itu bukan Pak Idrus namanya," kata Bahlil.

Ketika disinggung terkait bursa calon Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil tak berbicara banyak. Dia menjelaskan, latar belakangnya merupakan orang dari kampung. Hanya saja, dia menyebut masih menyerahkan pada proses ke depan. 

"Saya orang kampung, saya tahu ukuran baju. Ukuran baju saya itu S, kalau pakai baju ukuran XL, nanti enggak bagus, jadi ngukur baju saja kita. Nanti kita lihatlah prosesnya," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Open House Perdana

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menggelar halal bihalal sekaligus open house di momen Lebaran 2024 ini. Menurutnya, ini kali pertama sejak dia menjabat jadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2019 lalu.

Bahlil mengatakan, open house kali ini sejalan dengan langkah yang diambil Presiden Jokowi. Sebagaimana diketahui, Jokowi menggelar Open House di Istana Negara, Jakarta.

"Karena selama sudah 4 tahun lebih kami menjadi anggota kabinet, lima kali Lebaran, belum pernah open house, jadi kami open house dulu, ikuti jejak bos kami. Kalau Pak Jokowi open house, kita open house," kata Bahlil kepada wartawan dikediamannya, di Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Dia menuturkan, sudah bertemu dengan Kepala Negara di Istana Negara, Jakarta. Baru kemudian menggelar open house di kediamannya, di Jakarta Selatan.

3 dari 4 halaman

Suasana Lebih Adem

Selain bertemu Jokowi, Bahlil mengaku sempat juga bertemu dengan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju lainnya. Termasuk dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Bahlil mengklaim, suasana Idul Fitri 1445 Hijriah ini semakin adem dibandingkan dengan sebelumnya. Meski, dia tidak menjelaskan lebih lanjut dari pernyataannya itu. 

"Tadi kita sudah halal bi halal, sebelum saya membuat acara, alhamdulillah tadi kami setelah sholat Ied mendampingi Pak Presiden Jokowi, habis itu kami datang halal bi halal di (kediaman) Bapak Presiden Jokowi, ketemu juga Pak Prabowo di sana," ujar dia. 

"Alhamdulillah suasana Lebaran ini dingin, adem, seperti secercah harapan cerah," Bahlil menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan dan Bersilaturahmi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momen Lebaran ini untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Jokowi dan Iriana yang tampak kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (9/4/2024).

"Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," Jokowi menambahkan.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Dia berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucapnya.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya dan senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," imbuh Iriana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.