Sukses

Pegadaian Antar Pulang 3.100 Orang Lewat Program Mudik Gratis Bersama BUMN 2024

PT Pegadaian bersama instansi BUMN lainnya meluncurkan program mudik gratis bertajuk “Mudik Gratis Bersama BUMN 2024” di Kantor Cabang Pegadaian Kebon Nanas, Jakarta Timur pada hari Jumat (5/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) menggelar mudik gratis untuk masyarakat bertajuk “Mudik Gratis Bersama BUMN 2024” di Kantor Cabang Pegadaian Kebon Nanas, Jakarta Timur pada hari Jumat (5/4/2024). Program ini serempak dijalankan dengan BUMN lain dengan lokasi yang berbeda-beda.

Pegadaian memberangkatkan 26 armada bus yang memberangkatkan 3.100 pemudik, 1.038 diantaranya tinggal di DKI Jakarta, ke 20 kota destinasi, mulai dari Purwokerto hingga Surabaya. 

Hal yang membedakan dari tahun sebelumnya adalah Pegadaian membuka pendaftaran peserta mudik gratis lebih awal sehingga dapat memberikan kepastian bagi masyarakat secara lebih cepat mengenai keberangkatan mereka bersama PT Pegadaian. 

Prosesi keberangkatan yang relatif singkat ini dimulai dengan pidato sambutan oleh Direktur Jaringan, Operasi, Dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah.

Dalam pidato sambutannya, ia menyampaikan harapannya untuk para pemudik agar tetap menjaga kesehatannya, selamat sampai tujuan, dan dapat pulang kembali dalam keadaan sehat. 

“Selamat mengikuti kegiatan mudik. Jaga kesehatan. Mudah-mudahan bapak dan ibu sekalian dapat sampai tujuan dengan selamat dan kembali lagi dalam keadaan sehat wal ‘afiat selalu” ucap Eka dalam pidato sambutannya. 

Setelah doa bersama, Eka Pebriansyah melakukan visit ke dua bus yang akan berangkat ke Purwokerto dan Surabaya untuk melihat kesiapan para pemudik sebelum berangkat.

Rombongan yang terdiri dari 25 bis yang berisi pemudik dan didampingi oleh iringan Polisi kemudian resmi dilepas oleh Eka Pebriansyah tepat pada pukul 08.00 Wib.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebahagiaan Pemudik

Dalam pernyataannya saat konferensi pers setelah melepaskan rombongan pemudik, Direktur Jaringan, Operasi, Dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah menyatakan bahwa jumlah peserta dan kota destinasi ditambah untuk mengakomodasi animo masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik.

“Kita fasilitasi dengan kegiatan mudik ini dan untuk tahun ini, kita tambah juga ya akomodasi dan lokasi-lokasi tujuan mudik,” ujarnya. 

Selain itu, ia menyatakan turut merasa senang karena melihat kebahagiaan yang terpancar dari para pemudik saat mereka berada di dalam bis untuk melakukan perjalanan mudik secara gratis.

“Kalau untuk pribadi sendiri, kami direksi Pegadaian juga ikut merasa senang dan bahagia karena saat kami masuk ke dalam bus, kami bisa melihat kebahagiaan terpancar dari para pemudik jadi bawaannya ingin cepat-cepat mudik juga” ujarnya yang disambut tawa direksi lainnya.

3 dari 4 halaman

Pemudik Mulai Tinggalkan Jakarta Siang Ini, Truk Sumbu Tiga Dilarang Melintas

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi pemudik sudah mulai meninggalkan Jakarta pada pukul 14:00 WIB Jumat (5/4/2024). Pengawasan terhadap terhadap truk sumbu tiga diperketat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman membenarkan pengerakan arus mudik lebaran mulai terlihat.

"Di perkirakan setelah salat jumat ini pergerakan ke arah timur khususnya sudah mengalami peningkatan," kata Latif saat dihubungi, Jumat (5/4/2024).

Latif mengatakan, pihaknya dalam hal ini memberikan perhatian khusus di simpang Susun (SS) Cikunir. Karena sebagai satu simpul rawan kemacetan.

Latif pun berharap operasional Tol Cimanggis - Cibitung berdampak positif terhadap situasi arus lalu lintas di simpang susun Cikunir.

"Selama ini Cikunir menjadi titik simpul daripada mudik tetapi sekarang ada lagi ke Tol Cimanggis-Cibitung yang menjadi favorit. Pemudik yang dari Bogor dari Cibubur, dari Depok yang akan melewati Cibitung sampai dengan KM 25," ujar dia.

"Sehingga bisa langsung lebih cepat memotong, biasanya kan dari Bogor, Depok melalui Cikunir kan melewati Jakarta lagi, nah sekarang dia lagi memotong sekitar hampir 40-50-an kilo," dia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Tindak Kendaraan Sumbu

Di sisi lain, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga mulai menindak kendaraan sumbu tiga. Hal ini agar operasional sumbu 3 ini tidak menghambat menganggu kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan selama arus mudik dan balik tahun 2024.

"Dari pagi tadi kita sudah melakukan tindakan-tindakan istilahnya pengamanan terhadap kendaraan lebih daripada sumbu tiga, sehingga nanti jam 2 diharapkan sudah tidak ada yang beroperasional kembali nih udah kita siapkan, " ucap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.