Sukses

Jusuf Hamka Dukung Program Makan Siang Gratis: Asal Dikelola UMKM

Program makan siang gratis bagi pelajar tersebut harus dikelola oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun pedagang sekitar sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau Prabowo-Gibran memiliki program makan siang gratis bagi siswa di sekolah. Anggaran yang dirancang dalam program ini di kisaran Rp 15.000 per anak.

Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka atau sering dipanggil dengan nama Babah Alun mendukung program makan siang gratis ini.

 

"Makan gratis bagus, daripada duitnya buat yang enggak-enggak," kata Jusuf Hamka kepada Merdeka.com di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024).

 

Jusuf Hamka menyebut program makan siang gratis milik Prabowo-Gibran dapat membantu masyarakat kelas ekonomi bawah untuk memperoleh makanan murah yang bergizi.

"Masyarakat yang termarjinalkan akan terbantu pemerintah dari makan siang gratis ini," tegasnya.

Meski demikian, dia meminta agar pelaksanaan program makan siang gratis milik Prabowo-Gibran tidak diserahkan ke Dinas Sosial, Dinas Pendidikan maupun pengusaha katering.

Dikelola UMKM

Sebaliknya, program makan siang gratis bagi pelajar tersebut harus dikelola oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun pedagang sekitar sekolah.

"Makan gratis ini harus pakai pola seperti kami, tidak boleh memberikan kepada dinas sosial, dinas pendidikan, atau yang membikin katering, tidak, harus dari UMKM, warung setempat," tegasnya.

Menurutnya, keterlibatan UMKM hingga warung sekitar sekolah bertujuan untuk memastikan kegiatan bisnis tetap terjaga. Sehingga, pelaksanaan program makan siang gratis ini berdampak positif bagi kelangsungan bisnis UMKM.

"Karena warung setempat butuh hidup kan, ada peternak ayam, peternak telur, peternak ikan, daging, ini semua hidup, akan hidup asal belinya dari UMKM," jelasnya.

Apalagi, UMKM masih merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Hal ini tercermin dari kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) yang tetap tinggi di tengah tekanan ekonomi akibat terdampak pandemi Covid-19.

"Pedagang setempat, UMKM ini garda terdepan. Dan selama covid UMKM kita luar biasa. Merekalah soko guru ekonomi kita," pungkasnya.

Reporter: Sulaeman 

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simulasi Program Makan Siang Bakal Bakal Digelar di Merauke

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan akan ada simulasi program makan siang gratis di sekolah di Merauke, Papua.

"Kemarin yang dilakukan simulasi (makan siang gratis). Tadi saya menerima bupati Merauke mengirimkan undangan kalau disana namanya gerakan makan ikan," kata Airlangga dalam Media Briefing di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jumat (8/3/2024).

Airlangga menjelaskan, bahwa simulasi program makan siang gratis yang akan dilaksanakan di Merauke akan berbeda. Lantaran, menu utamanya adalah ikan.

Hal tersebut merupakan usulan langsung dari Bupati Kabupaten Merauke. Airlangga menegaskan, tugasnya hanya merealisasikan usulan-usulan dari masing-masing pemimpin daerah, salah satunya simulasi yang dilakukan di Tangerang.

Diketahui, sebelumnya pada 19 Februari 2024, Menko Airlangga telah melakukan kegiatan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang.

"Jadi semua inisiatifnya dari daerah kami disini hanya belanja masalah saja. Jadi, bagaimana membuat kebijakan yang bisa dilakukan tepat sasaran, tepat jumlah dan bisa dimanfaatkan oleh para pelajar sekali lagi," ujarnya.

Adapun terkait anggarannya, Airlangga menegaskan terkait anggaran masih dibahas dalam APBN setelah ada keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sekali lagi kita baru bahas di dalam APBN sesudah ada keputusan daripada KPU siapa pemerintah yang akan datang. Jadi, kan kita selalu sebut pemerintah yang akan datang karena pengguna APBN 2025 adalah pemerintah yang akan datang," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Kegiatan Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dinilai Bisa Bantu UMKM

Program makan siang gratis yang digaungkan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menuai beragam komentar.

Pendukung Prabowo-Gibran, Theo Cosner Tambunan mengatakan, bahwa program makan siang gratis itu bisa membantu para UMKM. Hal ini disampaikannya dalam acara syukuran Sahabat Bang Ara atas Pemilu 2024 berlangsung aman dan damai di Toba, Sumatera Utara.

"Program itu sangat bagus untuk masyarakat dan harus direalisasikan," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2024).

Dalam acara yang melibatkan sejumlah tokoh dan masyarakat dengan membagikan makan siang dan susu gratis. Hal ini sebagai bentuk dukungan akan program Prabowo-Gibran.

"Berharap program-program seperti dana desa hingga BLT dilanjutkan dan makan siang gratis direalisasikan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini