Sukses

Di Hadapan Investor, Bahlil Lahadalia Takut Harga Saham Anjlok Gara-Gara Salah Ngomong

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku takut salah bicara di hadapan para investor saham Tanah Air. Pasalnya, apa yang disebutnya disebut bisa berpengaruh pada pergerakan harga saham, baik naik ataupun turun.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku takut salah bicara di hadapan para investor saham Tanah Air. Pasalnya, apa yang disebutnya disebut bisa berpengaruh pada pergerakan harga saham, baik naik ataupun turun.

Ucapan ini disampaikan Bahlil ketika menjadi pembicara kunci dalam acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024. Sebelum memulai paparan materinya, Bahlil malah berkelakar takut harga saham turun.

Dia mengaku sebelum acara dimulai, Bahlil sempat bertanya ke Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani terkait acara tersebut.

"Sebelum saya mulai tadi saya sempat tanya sama Rosan, 'pak Rosan ini forum apa?' karena ini kalau kita salah ngomong bisa-bisa harga saham bisa berdampak naik, atau berdampak turun," ujar Bahlil, dalam forum tersebut, di Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Dalam agenda ini, Bahlil menggantikan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang sebelumnya dijadwalkan menjadi pembicara kunci.

Lebih lanjut, Bahlil menyinggung kalau dampak dari ucapannya dihadapan para investor saham ini merupakan dampak yang sistematis, masif, dan terstruktur.

"Jadi berdampak sistemik, masif, dan terstruktur, dan itu kita buat lebih cepat lebih baik yang tentunya baik-baik saja," sambung Ketua Tim Kerja Strategis Prabowo-Gibran ini.

Yakin Satu Putaran

Sebelumnya, Ketua Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo-Gibran, Bahlil Lahadalia mengaku yakin pemilihan presiden (Pilpres), dapat berlangsung sekali putaran.

"Keyakinan saya, hanya kepada Tuhan yang saya percaya, manusia membutuhkan data. Kalau menurut LSI Denny JA yang terbaru merilis surveinya sudah 50,7 persen. Angka psikologisnya sudah tembus," katanya seperti dilansir Antara.

Hal itu dikatakan Bahlil saat menghadiri Kongres Kaum Moeda Indonesia yang digelar digelar Formasi Indonesia Moeda (FIM) di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Survei

Menurut dia, hasil survei simulasi kertas suara Pemilu Pilpres akhir Januari 2024, Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 50,7 persen. Posisi kedua Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 22 persen. Posisi ketiga Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 19,7 persen.

"Potensi satu putaran hilal sudah di depan mata, tinggal ikut hari raya bareng atau kalian puasa terus," ujarnya.

Dikatakan Bahlil, dengan bercermin pada data survei, animo dan harapan masyarakat sangat besar terhadap pilpres sekali putaran.

"Tadinya aku 50:50 ya untuk bisa sekali putaran, tapi sekarang potensinya 80 persen, sudah bisa sekali putaran," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Gubernur BI Pamer Kinerja Ekonomi Indonesia di 2023, Salah Satu Terbaik di Dunia

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memamerkan kinerja ekonomi Indonesia sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Capaian itu ditandai dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai kisaran 5 persen di 2023, juga angka inflasi yang rendah di antara negara-negara maju.

“Syukur, bersyukur, bersyukur, Indonesia adalah one the best economic performance in the world, tahun lalu pertumbuhan kita sekitar 5 persen, inflasi telah masuk 4 terendah di dunia termasuk di antara negara G-20 sebesar 2,61 persen, Rupiah apresiasi, kredit tumbuh 10 persen, digitalisasi juga dahsyat luar biasa,” ungkap Perry Warjiyo, dalam Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023 yang disiarkan pada Rabu (31/1/2024).

Perry juga optimis ekonomi Indonesia di 2024 akan mencatat kinerja yang lebih baik, dengan pertumbuhan akan sedikit di atas 5 persen, inflasi terkendali 2,5+-1 persen, dan kredit 10 sampai 12 persen.

Namun Perry mengakui, kinerja Rupiah saat ini masih menunjukkan pelemahan.

“Rupiah sekarang memang agak naik turun, tapi kami yakin di semester kedua akan apresiasi mengarah kepada fundamentalnya,” katanya.

Sementara digitalisasi keuangan Indonesia termasuk yang tercepat di dunia. Tidak hanya QRIS, tapi juga elektrifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah, bansos, dan UMKM. Adapun juga kerja sama internasional, cross border payment.

Suku Bunga Federal Reserve

Tetapi Gubernur BI juga mengingatkan, masyarakat masih harus waspada pada suku bunga Federal Reserve yang belum menunjukkan tanda penurunan.

“Apakah Fed Fund Rate masih akan naik, semua orang masih menebak di semester 1 tapi pergerakan mungkin di semester 2, tapi jelas akan turun, insyaallah,” jelasnya.

“(Ekonomi) Tiongkok memang melemah dan geopolitik global masih akan naik turun. Tapi jangan itu membuat kita surut, optimis namun tetap waspada di 2024,” tambah dia.

 

4 dari 4 halaman

Sri Mulyani Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di 2024, Ini Alasannya

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen di 2024. Keyakinan ini melihat realisasi tahun sebelumnya dan terjaganya perekonomian Indonesia di awal 2024.

"Pada 2024, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan mencapai 5,2 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK Kuartal I-2024 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen itu didorong oleh penyelenggaraan pemilu secara serentak 2024. Dia meyakini, aktivitas pemilu ini akan berdampak positif pada aktivitas konsumsi masyarakat.

"Ini baik konsumsi pemerintah maupun masyarakat," ujarnya.

Selain itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini ditopang oleh berlanjutnya penguatan investasi. Capaian ini sejalan dengan progres penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) di berbagai wilayah Indonesia.

Sri Mulyani melanjutkan, stabilitas nilai tukar Rupiah masih terjaga, sejalan dengan konsistensi kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia. Per Desember 2023, nilai tukar Rupiah secara point to point (ptp) menguat 1,11 persen secara year on year (yoy) dibandingkan akhir tahun sebelumnya.

"Penguatan rupiah dan masuknya aliran capital inflow baik kepada saham atau SBN, menariknya imbal hasil, serta ini membuat kinerja prospek ekonomi Indonesia lebih baik. Ke depan, Rupiah akan tetap stabil dan cenderung menguat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bahlil Lahadalia adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo Ma'ruf Amin.
    Bahlil Lahadalia adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo Ma'ruf Amin.

    Bahlil Lahadalia

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Harga Saham

  • Investor