Sukses

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Sri Mulyani Ingatkan Pentingnya Memiliki Arsitektur Kesehatan Hadapi Pandemi

Menteri Keuangan Sri Mulyani menulis, sebagian negara sampai saat ini masih berjuang untuk memulihkan luka, dari sisi ekonomi dan kapasitas fiskal/APBN yang timbul akibat pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Saat peringatan Hari Kesehatan Nasional, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan pandemi COVID-19 memberikan hikmah yang dipetik oleh banyak negara yaitu memiilki arsitektur kesehatan yang kuat.

Melalui akun instagram resmi @smindrawati, Minggu (12/11/2023), Sri Mulyani mengunggah gambar yang menunjukkan kartunis tenaga kesehatan dan menyebutkan Selamat Hari Kesehatan Nasional: Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Pada caption, Sri Mulyani menulis, pelajaran apa yang bisa kita petik dari hadirnya pandemi COVID-19? Sri Mulyani menyampaikan bagi sebagian orang, atau setidaknya dirinya, pandemi COVID-19 menggambarkan kengerian yang nyata.

"Ancaman pada sektor kesehatan yang terjadi berefek domino pada sektor sosial dan ekonomi masyarakat. Ada sebuah istilah yang sering saya gunakan untuk menggambarkan dampak dari pandemi ini, yaitu scarring effect,” tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani menulis, sebagian negara sampai saat ini masih berjuang untuk memulihkan luka, dari sisi ekonomi dan kapasitas fiskal/Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang timbul akibat pandemi COVID-19.

"Indonesia termasuk beruntung, kitab isa pulih relatif cepat dan kuat karena APBN bekerja luar biasa keras sebagai shock absorber,” tulis dia.

Sri Mulyani menyampaikan, hikmah yang dipetik oleh banyak negara dari peristiwa ini adalah pentingnya memiliki arsitektur kesehatan yang kuat sebagai bekal menghadapi pandemi COVID-19 pada masa mendatang. Hal ini sebagaimana diangkat pula menjadi inisiatif dalam Presidensi G20 Indonesia tahun lalu dan Keketuaan ASEAN Indonesia pada 2023.

"Transformasi kesehatan menjadi kunci penting dan ini adalah sesuatu yang telah, sedang, dan akan terus kita upayakan agar Indonesia telah melangkah maju. Selamat Hari Kesehatan Nasional,” tulis Sri Mulyani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Hari Pahlawan, Sri Mulyani: Terus Berjuang Lawan Kemiskinan dan Kebodohan

Sebelumnya diberitakan, Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Peringatan Hari Pahlawan ini ditetapkan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959 oleh Presiden Sukarno.

Peringatan Hari Pahlawan ini sebagai momen mengingat peristiwa heroik arek Surabaya mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Pada momen Hari Pahlawan, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju mengucapkan Selamat Hari Pahlawan.

Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani. Melalui akun instagram resminya @smindrawati, ia mengunggah seperti gambar kartunis yang memuat ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2023. Pada gambar itu juga menyebutkan semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

Di akun instagram resmi @smindrawati, Sri Mulyani menulis, memerangi kemiskinan dan kebodohan adalah upaya yang terus dilakukan untuk mencapai cita-cita Indonesia.

"Bagaimana caranya? Tentu dengan meningkatkan kualitas SDM Indonesia,” tulis Sri Mulyani.

Ia menyebutkan, tak hanya melalui pendidikan, kesehatan juga tak kalah penting terutama untuk mengurangi gizi buruk pada anak. Anak-anak yang sehat adalah cikal bakal SDM yang produktif dan berdaya saing.

“Kesehatan yang baik juga harus ditunjang oleh infrastruktur dasar yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Prioritas APBN

Sri Mulyani menyampaikan, dalam memerangi kemiskinan, daya beli masyarakat khususnya kelompok miskin dan rentan tentu perlu dilindungi, terutama di tengah situasi global penuh tekanan saat ini.

"Makanya, anggaran pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perlinsos menjadi prioritas dalam APBN,” ujar Sri Mulyani.

Untuk memperingati Hari Pahlawan kali ini,Sri Mulyani mengajak untuk terus gelorakan semangat perjuangan para pahlawan pendiri bangsa.

"Jangan pernah patah semangat dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia, terus berjuang melawan kemiskinan dan kebodohan,” kata dia.

Dengan semangat perjuangan yang tak pernah putus, Sri Mulyani mengajak untuk wujudkan Indonesia yang adil, maju dan Sejahtera.

Unggahan Sri Mulyani tersebut telah mendapatkan 2.340 tanda suka dan 20 komentar dari warganet.

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Pahlawan dari Menteri BUMN dan Menteri Ketenagakerjaan

Selain Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengucapkan Selamat Hari Pahlawan. Ia menyampaikan Selamat Hari Pahlawan lewat akun instagramnya @erickthohir.

"Selamat Hari Pahlawan!Terima kasih untuk para pahlawan yang sudah berkorban dan berjasa untuk Indonesia. Jangan lupa, di sekitar kita juga banyak pahlawan masa kini seperti dokter, guru, tenaga perawat, petani, nelayan dan banyak lainnya, terima kasih!,” tulis dia.

Demikian juga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga mengucapkan Selamat Hari Pahlawan melalui akun instagram @idafauziyahnu.

"Pada hari ini kita bersama-sama mengenang jasa para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, yang telah begitu gigih, bersama ulama, bersama rakyat telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tulis Ida.

Ida mengingatkan, sebagai generasi penerus Bangsa, harus mampu melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dengan memerangi kemiskinan dan memberantas kebodohan untuk Indonesia yang lebih maju dan bermartabat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini