Sukses

Elon Musk Ingatkan Kecerdasan Buatan Bakal Ganggu hingga Hilangkan Kebutuhan Pekerjaan

Miliarder sekaligus CEP Tesla Elon Musk mengatakan, AI akan berpotensi menjadi “kekuatan paling menganggu dalam sejarah”.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Elon Musk menilai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada akhirnya dapat membuat semua orang kehilangan pekerjaan.

Elon Musk menuturkan, AI akan berpotensi menjadi “kekuatan paling menganggu dalam sejarah”. Sebelumnya CEO Tesla ini juga membentuk startup yang baru dibentuk x AI. “Kita akan memiliki sesuatu yang untuk pertama kalinya lebih pintar dari manusia terpintar,” ujar Elon Musk dalam sebuah acara di Lancaster House.

"Sulit untuk mengatakan dengan pasti momen apa itu, tetapi akan tiba saatnya di mana tidak diperlukan lagi pekerjaan. Anda bisa mempunyai pekerjaan jika Anda ingin memiliki pekerjaan untuk kepuasan pribadi. Tapi AI akan mampu melakukan segalanya,” ia menambahkan.

“Saya tidak tahu apakah hal itu membuat orang merasa nyaman atau tidak,” canda Elon Musk.

“Jika Anda ingin jin ajaib itu akan mengabulkan permintaan apapun yang kamu inginkan, dan tidak ada batasan. Anda tidak memiliki tiga batasan keinginan yang tidak masuk akal, itu baik dan buruk. Salah satu tantangan di masa depan adalah bagaimana kita menemukan makna hidup,” ujar dia.

Elon Musk telah berkali-kali memperingatkan ancaman yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatanterhadap umat manusia, dan pernah mengatakan AI dapat lebih berbahaya dari pada senjata nuklir.

CEO Tesla sekaligus pemilik platform media sosial X dahulu bernama Twitter, salah satu dari banyak pemimpin perusahaan teknologi yang mendesak penghentian sementara pengembangan AI lebih canggih dari pada perangkat lunak GPT-4 Open AI. Para pemimpin teknologi lainnya tidak setuju dengan pandangan itu, termasuk bos Palantir, Alex Karp.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Punya Produk

Kepada Radio BBC pada Juni 2023, Karp menilai, banyak orang meminta jeda, meminta jeda karena mereka tidak punya produk.

Komentar Elon Musk pada Kamis, 2 November 2023 menyusul kesimpulan dari pertemuan puncak penting di Bletchley Park, Inggris. Para pemimpin dunia setuju komunike global mengenai AI yang membuat mereka menemukan titik temu mengenai risiko yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut terhadap umat manusia.

Para ahli teknologi dan pemimpin politik memakai pertemuan ini untuk memperingatkan ancaman eksistensial yang ditimbulkan oleh AI dengan fokus pada beberapa kemungkinan skenario.

3 dari 4 halaman

CEO Tesla Elon Musk Khawatir Suku Bunga Tinggi Bikin Masyarakat Sulit Beli Mobil

Sebelumnya diberitakan, CEO Tesla Elon Musk mengingatkan kalau CyberTruck belum akan memberikan arus kas positif yang signifikan selama 12-18 bulan setelah produksi dimulai.

Elon Musk juga menekankan Tesla fokus membuat mobilnya lebih terjangkau di tengah kondisi suku bunga yang tinggi. Pernyataan Elon Musk itu membuat saham Tesla tenggelam 4 persen usai perdagangan. Padahal saham Tesla sempat menguat usai perpanjangan perdangan. Demikian dikutip dari CNBC, Jumat (20/10/2023).

Berdasarkan survei analis oleh LSEG, berikut kinerja keuangan Tesla dibandingkan dengan perkiraan wall street:

Laba: 66 sen per saham yang disesuaikan vs 73 sen per saham dari yang diharapkan.

Pendapatan: USD 23,35 miliar vs USD 24,1 miliar (perkiraan)

Ini pertama kalinya Tesla mencatat laba dan pendapatan yang dilewatkan pada kuartal II 2019.

Eksekutif Tesla mengatakan sedang meletakkan dasar memulai konstruksi pada pabrik baru yang direncanakan di Meksiko. Namun, Elon Musk menuturkan, sebelum Tesla bekerja untuk pabrik di Meksiko, perseroan berupaya menurunkan harga mobilnya.

Dia khawatir dengan tingginya tingkat suku bunga yang dialami saat ini. Ia menuturkan, kalau fokus orang membeli mobil pada jumlah pembayaran bulanan mereka. "Jika suku bunga tetap tinggi atau bahkan lebih tinggi lagi akan lebih sulit bagi masyarakat untuk membeli mobil,” ujar dia.

Ia menilai, pihaknya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya biaya. "Kami harus membuat produk kami lebih terjangkau sehingga masyarakat membelinya,” ujar dia.

Elon Musk menuturkan, menurunkan harga mobil Tesla mirip dengan “Game of Thrones” tetapi hanya uang receh.

 

4 dari 4 halaman

Peringatan Elon Musk Terkait Cybertruck

Tesla mengumumkan di platform X yang dulu bernama Twitter kalau produksi Cybertruck tetap sesuai rencana akhir tahun ini. Pengiriman pertama dijadwalkan pada 30 November di Giga Texas.

Secara terpisah, akun Cybertruck di X menyebutkan akan ada “acara pengiriman” pada tanggal tersebut. Pemegang saham menuturkan, Cybertruck sedang dalam produksi percontohan dengan pabrik di Texas yang mampu hasilkan 125.000 per tahun.

Terkait laporan laba, Elon Musk melunakkan harapan panduan keuangan terhadap kendaraan itu. Ia menuturkan, butuh kerja keras untuk mencapai volume produksi dan menghasilkan arus kas positif dengan harga terjangkau oleh masyarakat dengan Cybertruck.

“Saya hanya ingin kurangi ekspektasi terhadap Cybertruck. Ini adalah produk yang hebat, tetapi secara finansial, dibutuhkan waktu satu tahun hingga 18 bulan sebelum produk ini dapat memberikan kontribusi arus kas positif yang signifikan,” ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini