Sukses

Ramai-Ramai Miliarder Termasuk dari Indonesia Bangun Hotel di Singapura

Berikut deretan miliarder di Asia termasuk dari Indonesia yang investasi sektor perhotelan di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pariwisata di Singapura yang melonjak signifikan telah menarik banyak perhatian pelaku bisnis perhotelan yang terkaya di kawasan ini.

Dikutip dari Forbes, ditulis Sabtu (23/9/2023), sekitar 10 miliarder termasuk Pansy Ho dari Hong Kong dan Sukanto Tanoto dari Indonesia investasi lebih dari 6 miliar dolar Singapura (USD 4,4 miliar) atau sekitar Rp 67,48 triliun (asumsi kurs dolar Singapura terhadap rupiah di kisaran 11.247).

Dana investasi itu untuk membangun hotel baru dan memperluas operasinya di Singapura. Kawasan perbelanjaan utama yang terletak di Orchard Road akan menjadi lokasi beberapa hotel terbaru di Singapura sebagai bagian dari rencana peremajaan kawasan sekitarnya.

Grup UOL mengembangkan lokasi gedung Faber House di Orchard Road menjadi hotel 19 lantai yang menjanjikan akan menawarkan 200 kamar untuk tamunya.

Proyek itu dimulai tak lama sebelum UOL membuka hotel lain hanya beberapa blok jauhnya. Terletak tepat di belakang Kedutaan Besar Thailand, Pan Pacific Orchard dibuka untuk pertama kalinya pada Juni.

Hotel mewah dengan 347 kamar menampilkan empat teras terbuka. Hotel yang terinspirasi dari alam menjadi salah satu properti andalan UOL yang dikendalikan oleh miliarder perbankan dan properti Singapura Wee Cho Yaw.

Pada Februari 2022, OUE milik miliarder Indonesia Mochtar Riady kembali membuka Hilton Orchard yang sebelumnya Mandari Orchard. Kamar berkapasitas 1.080 kamar telah direnovasi secara intensif dengan desain yang mencerminkan warisan pertanian Singapura.

Di dekat Orange Grove Road, Invictus Developments milik miliarder Indonesia Bachtiar Karim membangun hotel dengan 143 kamar di bawah merek The Standard. Hotel itu dijadwalkan dibuka 2024.

Tak jauh dari Orchard Road, COMO Metropolitan Singapore akan dibuka bulan ini. Kompleks hotel dan perbelanjaan dengan 156 kamar ini dikembangkan oleh Como Hotels & Resorts, perusahaan berbasis di Singapura yang didirikan Christina Ong, istri direktur pelaksana Hotel Properties Ong Beng Seng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Hotel

Selain itu, IOI Properties yang dikendalikan oleh miliarder Malaysia Lee Yeow Chor dan Lee Yeow Seng sedang mengembangkan hotel sebagai bagian dari proyek perumahan dan komersial serba guna.

Di Tanjong Pagar di tepi kawasan pusat bisnis Raffles Place, Pacific Eagle Real Estate milik miliarder Indonesia Sukanto Tanoto membuka hotel pertama di Singapura pada Juli.

Mondrian Duxton Singapore dengan 304 kamar dekat Chinatown dibangun dengan biaya 400 juta dolar Singapura.

Selain itu, di seberang Pelabuhan Keppel, miliarder Asok Kumar Hiranandani menyelesaikan pembangunan vila mewah Raffles Sentosa Resort and Spa di Pulau Sentosa tepat pada saat pembukaan tahun depan.

Grup Royal juga berencana bangun kembali Ming Arcade sebuah pusat perbelanjaan tua menjadi hotel butik. Selain itu, Pansy Ho melalui Shun Tak Holdings membuka Artyzen Singapore dengan 142 kamar pada November.

Di sisi lain, pada November, City Developments milik miliarder Kwek Leng Beng dan grup Hong Leong akan membuka Edition hotel, hotel bukti dengan 204 kamar.

Selain itu, miliarder Choo Chong Ngen membeli Parkroyal dengan 542 kamar di Kitchener dekat Little India senilai 525 juta dolar Singapura pada Juli dari grup Wee’s UOL dan ubah namanya menjadi Novotel Singapura.

3 dari 3 halaman

Kunjungan Turis ke Singapura Meningkat

Jajaran hotel baru di Singapura yang terus bertambah akan mendapatkan manfaat dari kebangkitan kembali Singapura setelah pandemi COVID-19. Kunjungan turis ke Singapura naik dua kali lipat menjadi 1,42 juta pada Juli dibandingkan tahun lalu yang didukung kembalinya wisatawan China, menurut data dari Singapore Tourism Board.

Pemerintah prediksi sebanyak 14 juta wisatawan akan mengunjungi Singapura dan habiskan dana hingga 21 miliar dolar Singapura.

Berdasarkan laporan perusahaan manajemen perjalanan FCM Consulting menunjukkan pengunjung menaikkan tarif kamar ke tingkat rekor. Rata-rata tarif kamar bulan ini telah meningkat menjadi 880 dolar Singapura per malam sejauh ini, melonjak 27 persen dibandingkan tahun lalu, karena Singapura menjadi tuan rumah serangkaian acara internasional salah satunya Formula Satu Grand Prix Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • hotel

  • Orang Kaya

Video Terkini