Sukses

Potret Benowo, Sapi Kurban Jokowi Mirip Banteng Berbobot 1 Ton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 3 ekor sapi di kampung halaman, Solo pada momen Hari Raya Iduladha 1444 H/2023. Salah satunya bernama Benowo.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 3 ekor sapi di kampung halaman, Solo pada momen Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023. Ketiganya sapi kurban itu berukuran jumbo yang berbobot masing-masing lebih dari satu ton.

Tiga sapi tersebut berasal dari seorang peternak asal Ungaran, Kabupaten Semarang, Sutrisno. Ketiga sapi masing-masing untuk Masjid Agung Keraton Surakarta, Masjid Al-Wustho Mangkunegaran dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Salah satu sapi memiliki warna hitam legam, bernama Benowo berumur 5 tahun tersebut terlihat layaknya banteng. Sapi berbobot 1,1 ton tersebut disembelih di Masjid Al Wustho, Mangkunegaran, usai Salat Iduladha, Kamis (29/6).

"Sapi kurban dari Pak Presiden Jokowi di sini memang warnanya hitam. Ini kali ke-9 pak presiden kurban di Masjid Al Wustho Mangkunegaran," ujar Yusuf, Ketua panitia kurban.

Yusuf mengatakan, sapi kurban Jokowi berjenis brangus dengan beratnya mencapai 1,1 ton. Daging kurban tersebut nantinya akan didistribusikan ke pondok pesantren serta yayasan yang sudah mengajukan proposal. Menurutnya, ada beberapa yang sudah mengajukan jauh hari sebelumnya hari raya.

"Tidak ada pesan khusus, yang pasti kami dari panitia tetap menyalurkannya sesuai planing sebelumnya. Yaitu ke warga sekitar dan yayasan yang sudah mengajukan proposal," terangnya.

Sementara, sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Keraton Surakarta dikirim pada Selasa, 27 Juni lalu. Sapi berjenis simental berumur 6 tahun itu 1,08 ton itu diberi nama Malon.

"Ini sapi kurban dari pak Presiden tahun ini. Pak Jokowi Jokowi mengirimkan satu ekor sapi jenis simental dengan bobot 1,08 ton. Insya Allah sapi kurban presiden akan disembelih pada hari Kamsi, 29 Juni 2023 sekitar pukul 07.30 WIB setelah salat Aduladha," kata Ketua Tata Usaha (TU) Masjid Agung Solo Muhammad Alif.

 

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyentuh, Ini Makna Idul Adha bagi Jokowi dan Sri Mulyani

Sebelumnya, tepat hari ini, Kamis (29/6/2023), masyarakat muslim di Tanah Air merayakan Idul Adha 1444 H/2023 Masehi. Selain melaksanakan sholat Idul Adha, momen ini juga identik dengan penyembelihan kurban.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan berkurban di hari raya Idul Adha mengajarkan arti ketulusan dan keikhlasan sebagai wujud bertakwa kepada Tuhan.

"Pengorbanan mulia yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s. telah mengajarkan kita arti ketulusan dan keikhlasan sesungguhnya, wujud ketakwaan yang amat besar kepada Allah SWT," dikutip dari instagram @smindrawati, Kamis (29/6/2023).

Sri Mulyani, berharap apapun yang dikurbankan pada momen Iduladha kali ini mendapatkan berkah dan rida-Nya, memberikan manfaat kepada saudara-saudara di tanah air, serta menjadi ladang pahala kelak.

"Dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas, kita beserah diri untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Khalik," ujarnya.

Tak hanya Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi juga memaknai momen Idul Adha sebagai wujud rasa syukur, ikhlas, dan berkah kepada Sang Pencipta.

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," tulis Jokowi di akun @jokowi. 

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat Idul Adha 2023 dari Menteri Ekonomi

Umat Muslim merayakan Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi pada Kamis, (29/6/2023). Di tengah perayaan Idul Adha 2023 ini, sejumlah menteri ekonomi dari Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Selamat Idul Adha melalui media sosial.

Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani. Lewat akun Instagram @smindrawati, Sri Mulyani mengucapkan Selamat Iduladha 1444H melalui unggahan video seperti kartun.

Sri Mulyani menyampaikan, pengorbanan mulia yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s telah mengajarkan arti ketulisan dan keikhlasan sesungguhnya. Ini merupakan wujud ketaatan yang amat besar kepada Allah SWT.

“Semoga apapun yang kita kurbankan pada momen Iduladha kali ini mendapatkan berkah dan rida-Nya, memberikan manfaat kepada saudara-saudara kita, serta menjadi ladang pahala bagi kita kelak.. aamiinn.. 🤲🏻,” ia menambahkan. “Dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas, kita beserah diri untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Khalik,”

Ia pun mengucapkan Selamat Merayakan Idul Adha dan memohon maaf. “Selamat Iduladha 1444 H. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin.. ,” tulis Sri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini