Sukses

Buka Perbatasan, Negara Ini Bakal Sawer Tiket Gratis Buat Pelancong

Liputan6.com, Jakarta - Hong Kong mengungkapkan akan memberikan 500.000 tiket pesawat gratis selama enam bulan ke depan, mulai bulan Maret. 2023.

Melansir CNBC International, Jumat (3/2/2023) pembagian tiket gratis ini merupakan bagian dari kampanye Hello Hong Kong, yang diluncurkan melalui tiga maskapai yakni Cathay Pacific, HK Express, dan Hong Kong Airlines.

Tiket gratis ini merupakan bagian dari paket bantuan senilai USD 255 juta yang ditawarkan pemerintah kepada maskapai pada tahun 2020, selama puncak pandemi.

Badan Pariwisata Hong Kong juga menginvestasikan dana sebesar HKD 100 juta untuk promosi fase awal kampanye, menurut keterangan pada upacara peluncuran.

Namun, Hong Kong masih menghadapi dilema dengan kondisi ifrastrukturnya yang masih meningkatkan pengaturan lonjakan pengunjung, kata Dane Cheng, direktur eksekutif dewan pariwisata.

“Saya pikir dilema ini, sebenarnya telah kita lihat dari pasar dan negara lain ketika mereka mulai dibuka kembali sekitar setahun terakhir. Sulit untuk mengejar … terutama untuk maskapai penerbangan, bandara, dan bahkan hotel," ungkapnya.

"(Tapi) Anda ingin memulai dan… memberi tahu dunia dalam pesan yang jelas bahwa Hong Kong dan kemudian China kami akhirnya dibuka kembali," sambungnya.

Kategori penerima

Pemberian tiket gratis ini pun akan diberikan secara bertahap, dimulai dengan pasar di negara Asia Tenggara, diikuti oleh China dan Asia Utara.

Sekitar 80.000 tiket juga telah dipesan untuk penduduk Hong Kong yang akan diberikan pihak berwenang di musim panas.

Jumlah tiket untuk setiap wilayah didasarkan pada "bagian lalu lintas" dan jumlah pengunjung sebelum pandemi, kata Cheng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hong Kong Optimis Kunjungan Bakal Meningkat dari Pembagian Tiket Gratis

Fred Lam, CEO otoritas bandara Hong Kong, juga mengharapkan pemberian tiket gratis ini bisa mendorong efek berlipat ganda pada jumlah pengunjung.

"Kami berharap mereka yang menerima tiket akan membawa 2-3 lebih banyak teman dan keluarga (ke Hong Kong)," demikian pernyataan Lam pada upacara peluncuran kampanye.

“Meskipun kami hanya membagikan 500.000 tiket pesawat, kami yakin ini akan mendatangkan lebih dari 1,5 juta turis masuk," tambahnya.

Jumlah itu sekitar 10 persen dari total jumlah pengunjung yang diharapkan selama periode kampanye.

Adapun cara bagaimana pengunjung bisa mendapatkan tiket gratis ini, hal itu akan tergantung pada "peraturan dan bea cukai pasar setempat," bebernya.

"(Tiket itu) dapat mencakup undian berhadiah berskala besar, memberikannya melalui basis siapa cepat dia dapat, menawarkan tiket gratis beli satu dapat satu, atau melalui partisipasi permainan," terangnya.

3 dari 4 halaman

Scoot Bagi-Bagi 10 Ribu Tiket Pesawat Gratis di Momen Ultah ke-10

Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan jadi bandara tersibuk di Asia Tenggara dengan tingkat pelayanan penumpang lebih dari 2 juta di Desember 2022. Bandara Soekarno-Hatta juga berada di posisi ke-9 sebagai bandara paling banyak lalu lalang pesawat di periode yang sama.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengamini data tersebut. Bahkan, dia mencatat Desember 2022 menjadi bulan terpadat dari perolehan sepanjang tahun 2022.

"Desember 2022 mencatatkan lalu lintas penerbangan tertinggi di antara bulan-bulan lainnya sepanjang 2022. Ini didorong oleh semakin membaiknya kondisi di tengah pandemi serta adanya periode peak season libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023," ujar dia dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

"Kami bersyukur berkat dukungan seluruh stakeholder, Bandara Soekarno-Hatta dapat mengelola tingginya permintaan lalu lintas penerbangan dengan baik serta memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan kepada penumpang pesawat," tambahnya.

Adapun sepanjang Januari - Desember 2022 jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 40,54 juta penumpang atau melonjak sekitar 57 persen dibandingkan dengan Januari - Desember 2021.

4 dari 4 halaman

5 Rute Internasional Tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta

Pada 2022, 5 rute domestik tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Denpasar (4,32 juta penumpang), Deli Serdang (3,28 juta penumpang), Surabaya (2,62 juta penumpang), Makassar (2,55 juta penumpang) dan Pontianak (1,62 juta penumpang).

Sementara itu 5 rute internasional tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Singapura (1,68 juta penumpang), Jeddah (945.943 penumpang), Kuala Lumpur (863.772 penumpang), Doha (446.177 penumpang) dan Madinah (441.445 penumpang).

Awaluddin menuturkan pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berlangsung secara bertahap dan berkelanjutan. Ini didukung organisasi yang tangguh di tengah pandemi dan kolaborasi seluruh stakeholder.

“AP II dan stakeholder dapat mengelola pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dengan baik, sehingga pertumbuhan lalu lintas penerbangan dapat dilakukan secara berkelanjutan dan meningkat secara bertahap hingga puncaknya pada Desember 2022," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.