Sukses

Jepang Siap Investasi di Subang Smartpolitan

Liputan6.com, Jakarta - Total realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia pada kuartal III 2022 mencapai USD 33,3 miliar atau naik 47 persen dari periode sebelumnya. Adapun total realisasi PMA pada kuartal III 2022 sendiri didominasi oleh negara-negara di Asia, lima negara dengan kontribusi terbesar adalah Korea Selatan, Singapura, Tiongkok, Jepang dan Malaysia.

Meningkatnya investasi asing yang masuk ke Indonesia turut dirasakan oleh Subang Smartpolitan - anak usaha dari Surya Internusa Group (SSIA). Subang Smartpolitan yang merupakan kota mandiri terintegrasi banyak mendapatkan kunjungan dari para investor asing maupun lokal untuk mencari lokasi industri manufaktur.

Bahkan baru-baru ini, Subang Smartpolitan melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) dengan Sanwa Musen Co., Ltd. untuk pembelian lahan industri. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Osaka, Jepang oleh Mr. Hisashi Kotani, Presiden Direktur Sanwa Musen Co., Ltd. serta Vice President Sales & Marketing Subang Smartpolitan, Bapak Abednego Purnomo.

Lahan industri tersebut nantinya akan dibangun untuk relokasi PT Sanwa Musen Indonesia yang sebelumnya sewa di Purwakarta, Jawa Barat. Pembelian lahan industri seluas 2 hektar tersebut bertempat di lokasi paling strategis di kawasan Subang Smartpolitan.

Abednego Purnomo menyampaikan, masuknya PT Sanwa Musen Indonesia ke Subang Smartpolitan membuat Subang Smartpolitan optimis untuk penjualan kedepannya.

"Hingga waktu serah terima lahan yang dijadwalkan pada bulan Juli 2023 mendatang, beberapa perusahaan lainnya akan menyusul untuk melakukan penandatanganan MoU sebagai tanda jadi pembelian lahan di Subang Smartpolitan”. jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

PT Sanwa Musen Indonesia bergerak dibidang industri elektronik, termasuk kedalam golongan industri barang logam, mesin, alat transportasi dan elektronika (ILMATE) – ILMATE adalah salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar bagi produk domestik bruto (PDB) industri nonmigas. Industri elektronika juga termasuk salah satu sektor unggulan dan masuk dalam program Making Indonesia 4.0, bersama sektor industri prioritas lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bangun Pabrik

Hisashi Kotani, Presiden Direktur Sanwa Musen Co., Ltd. mengatakan “Kami memutuskan untuk membangun pabrik di Subang Smartpolitan karena Subang Smartpolitan dikelola oleh pengembang yang handal serta berpengalaman lebih dari 30 tahun dibidangnya dan lokasi yang strategis”.

Dengan demikian, karyawan kami saat ini tidak akan dibebani karena jarak antara Subang dan Purwakarta (pabrik kami saat ini) relatif dekat. Perusahaan juga akan diuntungkan dengan kemudahan akses menuju Pelabuhan Patimban dan Bandara Internasional Kertajati sehingga dapat menghindari kemacetan, tutur Mr. Hisashi Kotani.

Selanjutnya Abednego berharap, keberhasilan Subang Smartpolitan dalam menggaet investor dapat turut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, salah satunya melalui penyerapan dan peningkatan kualitas tenaga kerja. Sehingga nantinya Subang Smartpolitan tidak hanya menjadi destinasi investasi yang terbaik kepada para investor namun menghasilkan multiplier effect kepada sosial dan lingkungan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS