Sukses

Bank KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI

Liputan6.com, Jakarta PT Bank KB Bukopin Tbk masuk dalam jajaran emiten yang tergabung dalam indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard dan MSCI Small Cap hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Hasil tinjauan dari indeks MSCI Global Standard dan Small Cap itu akan efektif pada 1 Juni 2022. Di indeks MSCI Global Small Cap, ada tambahan 11 emiten Indonesia dalam portofolio sedangkan tiga emiten keluar dari portofolio di indeks tersebut.

"Dengan masuknya KB Bukopin pada MSCI Global Standard Index dan MSCI Small Cap Index, membuktikan bahwa KB Bukopin memiliki potensi pasar yang jelas," kata Presiden Direktur KB Bukopin Chang Su Choi dikutip dari Antara, Selasa (17/5/2022).

Indeks MSCI adalah sebuah indeks saham yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga riset dengan tujuan untuk mencerminkan pergerakan harga saham pada berbagai kategori yang dibentuk.

Ada beberapa jenis indeks saham MSCI, seperti MSCI AC World Index, yang mencerminkan pergerakan nilai saham dari emiten yang ada di negara maju dan berkembang, dan MSCI Emerging Market Index yang merupakan cerminan dari pergerakan harga saham dari emiten yang berada di negara-negara berkembang.

Di Indonesia sendiri, terdapat indeks MSCI Indonesia yang didesain untuk mengukur performa dari emiten-emiten di segmen kapitalisasi besar dan menengah dalam pasar modal Indonesia. Data yang disajikan berupa grafik kumulatif dari performa MSCI Indonesia dalam satuan USD.

MSCI Indonesia mencakup beberapa konstituen dari berbagai emiten. Metodologi yang dipakai di indeks MSCI Indonesia ini mengacu kepada metodologi MSCI Global Investable Indexes (GIMI).

MSCI Index seringkali menjadi patokan bagi investor dan manajer investasi bagi portofolio mereka sehingga perubahan ini kerap mempengaruhi pasar saham Indonesia. Meski belum berlaku efektif dalam indeks, pengumuman ini telah menjadi sentimen bagi saham-saham small cap terkait. Saham-saham yang menjadi anggota baru pun mengalami peningkatan termasuk KB Bukopin.

Kriteria penambahan atau penghapusan emiten pada Indeks MSCI Indonesia ditentukan oleh tingkat likuiditas saham dan kapitalisasi pasar berbasis penyesuaian saham beredar di publik atau free float-adjusted market capitalization.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Katalis Positif

Daftar Indeks tersebut dapat dijadikan acuan investor dalam menentukan saham unggulan yang layak dipilih dalam berinvestasi dan berpotensi membuat saham-saham akan masuk ke dalam pilihan investor global.

Acuan MSI Index merupakan bobot yang digunakan fund manager untuk mengelola portfolionya. Hal ini dapat dijadikan peluang bagi para investor asing untuk memulai berinvestasi pada saham yang memiliki prospek yang cukup baik di Indonesia melalui bobot yang ada di MSCI Index.

"Masuknya KB Bukopin Indeks Global MSCI merupakan katalis positif bagi harga saham perseroan di tengah kondisi pasar yang bergejolak saat ini. Diharapkan dengan prospek perseroan yang semakin unggul, saham KB Bukopin dapat menjadi pilihan unggulan bagi para investor global. KB Bukopin sangat profesional dan bisa menjaga kinerja tersebut secara berkesinambungan," pungkas Choi.

 

3 dari 4 halaman

KB Bukopin jadi Mitra Layanan Perbankan Taspen

Sebelumnya, PT Bank KB Bukopin Tbk menjalin kerja sama dengan PT Taspen (Persero) sebagai mitra layanan perbankan guna meningkatkan kualitas layanan bagi peserta.

Direktur Bank KB Bukopin Dodi Widjajanto mengatakan pihaknya mengapresiasi PT Taspen yang telah memberikan kepercayaan terhadap perseroan dalam membantu menyalurkan hak kepada peserta Taspen.

"Melalui kerja sama ini kami berharap dapat turut berkontribusi untuk memberikan dampak positif kepada peserta Taspen melalui produk-produk yang kami miliki," ujar Dodi dikutip dari Antara, Sabtu (14/5/2022).

Penandatanganan kerja sama tersebut merupakan upaya Taspen untuk terus meningkatkan kualitas layanan terbaik kepada peserta dalam hal pembayaran tabungan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian melalui rekening bank.

Melalui kerja sama tersebut, peserta Taspen dapat melakukan enrollment, otentifikasi, pengembalian Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri (SPTB), permintaan informasi, dan lainnya, melalui empat mitra layanan Taspen, salah satunya Bank KB Bukopin.

Dengan demikian peserta Taspen akan lebih mudah mendapatkan akses layanan dari mitra layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Suatu kehormatan bagi Taspen untuk dapat bekerja sama dengan empat mitra layanan yang sudah terbukti unggul dan terpercaya dalam melayani nasabah di dunia perbankan," kata Direktur Utama PT Taspen (Persero) Antonius Kosasih.

 

4 dari 4 halaman

Lakukan Pembenahan

Setelah resmi menyandang nama baru pasca-pengumuman publik 23 Februari 2021, Bank KB Bukopin terus melakukan pembenahan dan inovasi guna mencapai target besar pada 2025 yang didukung penuh oleh pemegang saham pengendali KB Kookmin Bank dan ultimate shareholder KB Financial Group.

Dodi menambahkan Bank KB Bukopin tetap fokus pada pencapaian menjadi 10 bank terbesar di Indonesia dan tetap konsisten untuk dapat menjadi pemain utama dalam bisnis perbankan di Indonesia.

"Memasuki tahun 2022, kondisi perseroan terus membaik, dan transformasi yang dilakukan sudah on track dan sesuai dengan business plan yang telah dirancang hingga 2025," kata Dodi.