Sukses

Bulog Bakal Salurkan Minyak Goreng Curah, Bagaimana Skemanya?

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog masih menunggu penugasan untuk penyaluran minyak goreng curah dari pemerintah. Namun skema penyalurannya belum jelas, apakah bakal didistribusikan ke pasar atau diserahkan langsung ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, minyak goreng curah yang nantinya diberikan dalam bentuk kemasan ini akan dibanderol Rp 14 ribu per liter. Namun, ia masih menunggu arahan pasti dari pemerintah.

"Bukan saya yang tentukan. Begitu ini diputuskan pasti bisa Rp 14 ribu. Kita tinggal nunggu mana yang menentukan dan buat regulasinya, bukan Bulog," kata dia di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Pria yang akrab disapa Buwas ini buka dua opsi penyaluran minyak goreng curah. Pertama, Perum Bulog sebagai perantara nantinya bisa mendelegasikan penyaluran kepada BGR Logistik untuk pasar, atau dengan memakai data KPM milik Kemensos.

Pemerintah dibawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian disebutnya masih terus mendiskusikan opsi-opsi tersebut.

"Saya belum tahu pasti, tapi rapat ini dipimpin oleh Kemenko. Yang mendapatkan amanah kewenangan ini Kemenko, sekarang masih dalam pembahasan. Kalau sudah selesai besoknya langsung kita running," paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Kejelasan

Ditemui pada kesempatan sama, Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengaku, pihaknya belum dapat kejelasan pasti bagaimana minyak goreng curah ini bakal disalurkan.

"Regulasi aja belum jelas, penugasan belum jelas. Kan harus ada regulasi, sasarannya gimana, subsidinya gimana, nagihnya gimana," ungkapnya.

Dari info terakhir yang didapatnya, Perum Bulog konon bakal memberikan minyak goreng curah Rp 14 ribu kepada masing-masing keluarga penerima manfaat. Namun skema pendistribusiannya pun masih belum pasti.

"Katanya sih per hari ini kebijakan berubah. Kemarin tuh kebijakannya pakai data KPM Kemensos, dianterin pakai PT Pos Indonesia, kayak BLT (bantuan langsung tunai) itu," ujar Febby.

 

 

3 dari 4 halaman

Mahal Banget, Harga Minyak Goreng Curah di Jakarta Tembus Rp 50 Ribu per Kg

Masuk H+5 Lebaran 2022, harga minyak goreng curah di Jakarta terpantau makin tinggi. Secara rata-rata, harga minyak goreng curah di pasar tradisional capai Rp 21 ribu per liter. Namun salah satu pasar diJakarta ada yang harganya tembus Rp 50 ribu per liter. 

Mengutip data infopangan.jakarta.go.id, Sabtu (7/5/2022), harga minyak goreng curah di DKI Jakarta dibanderol pada kisaran harga rata-rata Rp 21.421 per kg. Angka ini naik Rp 1.742 per kg dibanding sehari sebelumnya atau pada Jumat (6/5/2022).

Minyak goreng curah termahal dijual di Pasar Koja Baru seharga Rp 50 Ribu per kg. Sedangkan harga jual termurah berada di Pasar Tanah Abang Blok A-G, Rp 17.000 per kg.

Jika dibandingkan kondisi sebelum Lebaran, minyak goreng curah terpantau belum menunjukan grafik menurun. Bahkan cenderung terus melonjak hingga akhirnya tembus Rp 21.000 per kg.

Kondisi sedikit berbeda dialami minyak goreng kemasan yang dijual di pasar ritel seperti Alfamart dan Indomaret. Meski masih bertengger di kisaran Rp 22-26 ribu per liter, namun harganya cenderung alami penurunan.

Berikut rincian daftar harga terbaru minyak goreng di Alfamart dan Indomaret:

Alfamart

- Sovia Minyak Goreng Sawit 2 Liter: Rp 46.000 (turun dari Rp 49.500)

- Fortune Minyak Goreng Pouch 2 Liter: Rp 46.300 (turun dari Rp 49.700)

- Sania Minyak Goreng 2 Liter: Rp 46.500 (turun dari Rp 49.900)

- Bimoli Special Minyak Goreng Pouch 2 Liter: Rp 49.900 (turun dari Rp 51.500)

- Fitri Minyak Goreng PET 2 Liter: Rp 48.300 (turun dari Rp 49.500)

- Tropical Minyak Goreng Pouch 2 Liter: Rp 49.900 (turun dari Rp 50.700)

- Tropical Minyak Goreng Pet 2 Liter: Rp 49.900 (turun dari Rp 50.700)

- Fitri Minyak Goreng PET 1 Liter: Rp 24.400 (turun dari Rp 25.000)

- Bimoli Minyak Goreng Pouch 1 Liter: Rp 24.900 (turun dari Rp 25.500)

- Tropical Minyak Goreng PET 1 Liter: Rp 25.200 (turun dari Rp 25.700)

 

Indomaret

- Tropical Minyak Goreng 2 Liter: Rp 50.900

- Rose Brand Minyak Goreng 2 Liter: Rp 49.000

- Bimoli Minyak Goreng 2 Liter: Rp 52.000

- Sovia Minyak Goreng 2 Liter: Rp 46.300 (turun dari Rp 48.700)

- Bimoli Minyak Goreng 1 Liter: Rp 24.500

- Tropical Minyak Goreng 1 Liter: Rp 25.900

- Sania Minyak Goreng Refill 1 Liter: Rp 23.300 (turun dari Rp 24.800)

- Tropical Minyak Goreng Refill 2 Liter: Rp 51.000

- Sania Minyak Goreng Refill 2 Liter: Rp 46.500 (turun dari Rp 48.900)

- Bimoli Minyak Goreng Special Refill 1 Liter: Rp 24.700.

4 dari 4 halaman

Testimoni Pembeli

Harga minyak goreng curah di Pasar Baru Bekasi Timur, Jawa Barat, berada di kisaran Rp 20.000 per liter. Salah satu pembeli, Anton mengatakan, belum pernah menemui harga minyak goreng curah di angka Rp 14.000 per liter sesuai ketentuan pemerintah. Namun memang,minyak goreng tak lagi sulit ditemukan seperti beberapa pekan lalu.

"kalau yang Rp 14.000 per liter, belum pernah dapat ya. Padahal ini di pasar besar. Tapi bedanya sekarang tidak sulit lagi ditemukan. Di mana-mana sudah ada, tapi harga mahal," kata Anton kepada merdeka.com, Sabtu (7/5/2022).

Dia mengatakan, seharusnya harga minyak goreng sudah bisa turun karena stok sudah banyak. Apalagi kini pemerintah memperbolehkan untuk memperdagangkan kembali minyak goreng curah yang sebelumnya akan dilarang diperjualbelikan.

"Kalau stok sebanyak ini harusnya sudah turun harganya kan. Bisa kembali ke normal. Apalagi minyak curah itu banyak dimana mana, artinya masalah bukan karena stok lagi," jelasnya.

Anton berharap harga minyak goreng bisa turun. Sebab, bagi pemilik usaha gorengan seperti dirinya membutuhkan minyak goreng untuk mendapatkan untung. "Sekarang kita naikin harga gorengan. Nggak kuat juga kalau bertahan, padahal harga minyak mahal," katanya.

Sementara itu, harga minyak goreng kemasan juga masih mahal di level Rp 25.000 per Kg. Harga tersebut pun merupakan harga kualitas sedang. Untuk kualitas menengah atas dibanderol dengan harga Rp 26.000 hingga Rp 36.000 per Kg.