Sukses

Sri Mulyani Bacakan Surat Kartini: Bantulah Kami agar Usaha Kami Berguna bagi Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membacakan Surat Kartini dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia. Gelaran dini diadakan oleh Liputan6.com secara live streaming untuk memperingati Hari Kartini ini yang jatuh pada 21 April 2021.

Dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia Sri Mulyani membacakan Surat Kartini kepada N.v.Z. yang aslinya dimuat dalam Kolonial Weekblad (Mingguan Kolonial) tertanggal 25 Desember 1902.

Berikut cuplikan isi surat Kartini yang dibacakan oleh Sri Mulyani tersebut:

Harapan kami, tolonglah, bantulah kami agar usaha kami berguna bagi bangsa kami dan terutama bagi kaum perempuan bangsa itu. Beban berat yang diletakkan di atas bahunya oleh adat lama turun temurun," begitu Sri Mulyani membuka surat Kartini.

Pembacaan narasi Surat Kartini ini untuk mengenang kepedulian Kartini terhadap nasib kaumnya. Tergambar salah satunya melalui surat-surat yang dilayangkan untuk para sahabat di Eropa pada awal abad 20.

Buah pemikiran itulah yang juga menjadikan Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita Indonesia.

Reporter: Ruly Riantrisnanto

 

2 dari 3 halaman

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar sejak 2016 oleh Liputan6.com. Media online besar di bawah EMTEK Group tersebut menggelar acara di Hari Kartini 2021 dengan tajuk "Tetap Hebat di Masa Pandemi."

Acara penghargaan pada Rabu, 21 April 2021 mulai pukul 11.00 sampai 13.30 WIB ini diisi dengan gelar wicara dan hiburan. Hadir Virzha, penyanyi muda yang diidolakan banyak orang sebagai salah satu penampil.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: