Sukses

Kick Off Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021, Siapkan UMKM Go Digital

Program ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempercepat pemanfaatan pemasaran digital oleh UMKM melalui pemberian edukasi.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 kembali berlanjut pada Rabu (18/3/2021). Pada hari tersebut diadakan kick off Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).

Dalam sambutannya, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengungkapkan program ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempercepat pemanfaatan pemasaran digital oleh UMKM melalui pemberian edukasi untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian UMKM dalam pemasaran digital.

Selain itu program ini memfasilitasi UMKM untuk onboarding di berbagai media pemasaran online sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik usahanya.

“Pada tahun ini, Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM dilaksanakan dengan target peserta yang lebih luas, serta fasilitasi dan pendampingan yang lebih intensif. Program ini melibatkan 600 peserta UMKM Binaan maupun Non Binaan dari 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Program terdiri dari edukasi, pendampingan/mentoring, serta monitoring oleh BI dan IdEA,” ujar Yunita.

“Kami berharap, program ini dapat memberikan bekal bagi UMKM untuk go digital, tidak hanya di masa pandemi, tetapi juga untuk terus berkembang dalam era The New Normal Economy, pasca pandemik,” katanya menambahkan.

Sejalan dengan Bank Indonesia, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Odo R. M. Manuhutu berharap program ini bisa membuat UMKM lebih maju dan membuka akses pasar di dalam dan luar negeri.

“Tahun 2025 mendatang digital economy kita akan mencapai Rp. 1.500 triliun berdasarkan data, jadi UMKM harus memanfaatkan digital platform yang ada. Apalagi UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian baik di masa krisis ataupun masa normal,” ujar Odo.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk edukasi, tercerahkan dan bisa memanfaatkan ruang digital. Mari kita berkolaborasi, berinovasi dan menguasai pasar dalam dan luar negeri. UMKM Indonesia pasti bisa beradaptasi,” katanya menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Tahap Pelatihan

Executive Director Asosiasi E-comerce Indonesia (idEA) Arshi Adini menjelaskan ada tiga tahap pelatihan dalam Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021 yakni monitoring output, onboarding engagement dari penggunaan social media dalam bisnis UMKM dan grup mentoring dengan praktisi.

“Total Onboarding UMKM tahun 2020 mencapai 3.823.256 UMKM dan hingga Januari 2021 yang sudah go-online melalui Bangga Buatan Indonesia mencapai 4.300.878. Untuk tahun ini fokus kami adalah meningkatkan kualitas dan transaksi,” ujar Arshi Adini.

“Ada 811 pendaftar untuk mengikuti program tahap 1 ini tetapi setelah dikurasi hanya 600 peserta yang akan mendapatkan pelatihan. Kami berharap bisa melahirkan UMKM sukses baru dari pelatihan ini," kata dia.

Dalam acara pembukaan Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021 juga menghadirkan Tommy Arno Funz, Founder Akademi Facebook EFBI19 untuk langsung memberikan webinar sesi pertama dengan tema “Temukan Customermu Dengan Riset Digital.”

Rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 masih akan berlangsung hingga tanggal 31 Maret 2021 mendatang. Dimana pada tanggal 24 Maret 2021 akan digelar beragama acara seperti Talkshow Desa Wisata Bilebante “Ikon Andalan Baru Wonderful Indonesia” pada pukul 08.30 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan Pagelaran Karya Kreatif dan Dialog Interaktif “Pesona Lombok Mendunia” pada pada pukul 15.00 WIB sekaligus sebagai pembukaan pameran fisik pameran produk UMKM Unggulan BaliNusra yang akan dilaksanakan hingga Minggu (28/3/2021) di Fountain Atrium West Mall lantai 3A Grand Indonesia, Jakarta Pusat dengan menghadirkan beragam kerajinan serta produk olahan seperti kain tenun dan songket, minuman olahan dan beragam kerajinan khas Bali,Nusa Tenggara Barat dan Timur.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi website karyakreatifindonesia.co.id dan juga akun media social di Twitter: @karyakreatif_BI, Instagram: @karyakreatifindonesia, Facebook: @KKI_official, dan Youtube: KKI Official.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.