Sukses

Daftar Harga BBM Pertamina dan Shell per Maret 2021, Mana Termurah?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan PT Shell Indonesia masih terus bersaing dalam menetapkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal Maret 2021. Lantas, mana yang menjual lebih murah?

Secara umum, harga BBM yang dijual kedua perusahaan pada bulan ini tidak banyak berubah dibanding Februari 2021. Meski harga bahan bakar yang ditawarkan Pertamina di tiap wilayah sedikit bervariasi karena alasan seperti jarak distribusi.

Mengutip laman pertamina.com dan shell.co.id, Selasa (2/3/2021), berikut informasi harga BBM yang berlaku efektif per 2 Maret 2021:

Pertamina

Berdasarkan informasi PT Pertamina (Persero), perusahaan melakukan penyesuaian harga BBM Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri ESDM 187K/10/MEM/2029 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Berikut rincian harganya:

- Pertalite: Rp 7.650-8.000 per liter

- Pertamax: Rp 9.000-9.400 per liter

- Pertamax Turbo: Rp 9.850-10.250 per liter

- Pertamax Dex: Rp 10.200 per liter (harga rata-rata)

Shell

Sementara PT Shell Indonesia hanya menjual 5 jenis BBM yang dikelolanya untuk empat wilayah, yakni Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Harga BBM dijual sama di tiap wilayah.

Berikut rincian harganya:

- Shell Super: Rp 9.560 per liter (tersedia di keempat wilayah)

- Shell V-Power: Rp 9.970 per liter (tersedia di Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Timur)

- Shell Diesel: Rp 9.840 per liter (tersedia di Jabodetabek dan Jawa Barat)

- Shell Regular: Rp 9.500 per liter (tersedia di Jabodetabek dan Jawa Barat)

- Shell Diesel Ekstra: Rp 9.550 (tersedia di Sumatera Utara)

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Dapat Diskon Beli Pertamax dan Dexlite? Begini Caranya

PT Pertamina Patra Niaga memberikan potongan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan Dex Series. Promo tersebut berlaku selama Maret 2021.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Putut Andriatno mengatakan, Pertamina Patra Niaga meberikan penawaran harga khusus hemat Rp 300 per liter, berlaku hanya untuk produk Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex diseluruh SPBU yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina yang dapat di cek melalui website www.mypertamina.id/spbu .

“Penawaran khusus ini berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Maret 2021 secara nasional dan berlaku untuk seluruh pengguna MyPertamina,” kata Putut, di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Untuk mendapat potongan harga, konsumen hanya perlu datang ke SPBU yang terkoneksi aplikasi MyPertamina, lalu melakukan pembayaran dengan aplikasi MyPertamina. Secara otomatis harga yang dibayarkan konsumen terpotong Rp 300 per liter dari harga ritel yang berlaku umum.

Selain promo potongan harga Pertamax dan Dex series, Pertamina juga memberikan promo pada LPG dengan tukar tabung LPG 3 Kg ke Bright Gas yang bisa hemat hingga Rp 75 ribu.

Untuk tukar tabung LPG 3 Kg ke Bright Gas atau trade in Bright Gas dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu konsumen dapat menghubungi PDS 135, Whatsapp melalui nomor 0811-1350-135 dan website https://pds135.com. Penawaran ini berlaku untuk 200 konsumen pertama setiap harinya dengan total maksimal paket trade in sebanyak 6.200 paket.

Namun, sebelum melakukan pemesanan, konsumen wajib mengunduh aplikasi MyPertamina untuk menukarkan poin sebesar nol (0) poin, dan mendapatkan e-voucher untuk penawaran trade in yang berlaku.

“Jika sudah mendapatkan e-voucher, konsumen hanya perlu memverifikasi dengan nomor KTP, nomor telfon aktif, alamat domisili, dan kode e-voucher saat melakukan pemesanan. Ketika semua sudah sesuai, Bright Gas akan langsung diantar ke alamat yang diberikan,” jelas Putut.

Penawaran khusus trade in Bright Gas ini dibagi menjadi dua, pertama tukar satu tabung LPG 3 Kg ke satu tabung Bright Gas 5,5 Kg konsumen akan hemat hingga Rp 65.500. Kedua tukar dua tabung LPG 3 Kg ke satu tabung Bright Gas 12 Kg konsumen akan hemat hingga Rp 75 ribu, semua penawaran khusus sudah termasuk ongkos kirim ke alamat yang dituju.

“Jadi tunggu apalagi, segera unduh atau download aplikasi MyPertamina di handphonemu dan nikmati berbagai penawaran khusus dengan MyPertamina,” pungkas Putut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: