Sukses

Antisipasi Pertumbuhan Pasar Logistik di 2021, CKB Perkuat SDM dan Teknologi

Liputan6.com, Jakarta - PT Cipta Krida Bahari (CKB Group), anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABM), terus memperkuat kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar logistik nasional pada 2021.

Berdasarkan Indonesia Logistics and Warehousing Market by Sector (Freight Forwarding, Warehousing, VAS) by Domestic and International Services - Outlook to 2021), pasar logistik Indonesia diproyeksikan mencapai USD 240 miliar atau setara Rp 3.360 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar AS) pada 2021.

Salah satu keberhasilan SDM CKB Logitik adalah penyelesaian layanan proyek logistik dari perusahaan EPC (engineering, procurement and construction), PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK) berupa proyek mobilisasi baja box girder untuk proyek pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek II Elevated yang meliputi penyediaan prime mover, multi axles, turn table, alat pendukung, lashing, wire rope, sling, rantai, kelistrikan dan tenaga kerja.

“Proyek tersebut berjalan dengan baik dan lancar diantaranya berkat pengalaman para tenaga ahli dan layanan terintegrasi yang kami berikan,” terang Direktur Utama CKB Logistik Iman Sjafei di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Lebh lanjut Iman menjelaskan bahwa total box girder baja yang dimobilisasi mencapai 422 unit dengan muatan terberat 80 ton dan ukuran terpanjang 60 meter. Mobilisasi girder kotak baja dilakukan secara bertahap dan selesai dalam waktu kurang lebih 9 bulan.

Mobilisasi box girder dimulai dari KM 9 sampai dengan KM 46 yang dilakukan pada malam hingga pagi hari, melibatkan pengawalan polisi untuk menjaga keamanan dan keselamatan pekerja proyek dan pengguna lalu lintas.

Proses survei yang cermat, analisa rencana operasi, rute, dan jenis transportasi adalah faktor kunci keberhasilan pengiriman, yang menjadi bagian dari solusi CKB Group guna memenuhi harapan pelanggan.

Proyek tersebut dihadapkan oleh beragam tantangan dari segi geografis dan infrastruktur yang masih minim di Indonesia, sehingga CKB Group memainkan peran penting dalam mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan seperti memperkuat jembatan agar dapat dilintasi oleh kendaraan transportasi proyek.

2 dari 3 halaman

Ketepatan Waktu Operasi

Selain itu ketepatan waktu operasi saat menggunakan transportasi laut dengan iklim dan cuaca yang menantang harus dapat ditangani dan dikelola dengan benar oleh tim.

Dengan pengalaman luas yang dimiliki oleh CKB Group lebih dari 2 dekade dalam menangani beragam proyek logistik, pengiriman kargo Steel Box Girder ini dapat berhasil dikirim tepat waktu dengan aman dan lancar.

Kami, demikian Iman, telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industry logistik dengan layanan terintegrasi. Layanan yang diberikan perusahaan mulai dari manajemen transportasi, manajemen pergudangan, logistik proyek, pusat logistik berikat, dan manajemen pelabuhan. Selain itu perusahaan juga memberikan layanan logistic dan pengelolaan material pengeboran, pengiriman kargo, bongkar muat hingga transportasi kelautan terintegrasi untuk curah kering.

“Kami optimistis dengan kemampuan SDM dan pengembangan serta aplikasi teknologi akan membuat layanan logistik yang diberikan oleh perseroan semakin baik dan solid untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar logistik nasoinal yang cukup besar,” tutup Iman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: