Sukses

Hai Milenials, Ikuti 3 Langkah Cerdas Bikin Tabungan Pensiun Bertambah

Liputan6.com, Jakarta Pensiun mungkin tidak akan datang untuk beberapa waktu, tetapi jika Anda belum mulai merencanakannya, mungkin akan tertinggal. 

Karena prospek masa pensiun tampak semakin redup dan redup bagi generasi kita, kebutuhan untuk berkontribusi lebih awal dan sering untuk dana tabungan pensiun menjadi semakin penting. 

Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan tabungan Anda sekarang untuk membangun dana lebih cepat dan mengamankan masa depan yang lebih stabil untuk diri sendiri di usia tua nanti.

Melansir dari lifehack.org, Jumat (18/9/2020) berikut 4 langkah cerdas yang harus Anda lakukan sekarang untuk meningkatkan peluang membangun dana yang cukup untuk masa depan.

1. Otomatiskan tabungan 

Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda benar-benar menyisihkan uang daripada membelanjakannya adalah dengan mengotomatiskan kontribusi rutin ke rekening tabungan Anda. 

Tentu saja ingin mengotomatiskan tabungan pensiun sehingga uang dengan jumlah kecil keluar setiap bulan. Siapkan transfer dana otomatis antara cek dan rekening tabungan. 

Tetapkan jumlah yang cukup besar untuk membangun dana dari waktu ke waktu, tetapi cukup kecil sehingga tidak merusak bank Anda setiap bulan. 

Untuk tabungan pensiun, tanyakan pada atasan Anda untuk mengetahui apakah perusahaan menawarkan pemotongan gaji otomatis pada rekening Anda.

 

 

2 dari 3 halaman

2. Pangkas biaya berlangganan tak perlu

Saat Anda menambahkan koneksi internet, ini kemungkinan akan menjadi tambahan biaya. Jika Anda memiliki langganan kabel secara bulanan kemudian terus-menerus bertanya-tanya ke mana perginya uang di setiap akhir setiap bulan, bisa jadi biaya ini salah satu penyebab utama.

Inilah mengapa tren pemotongan biaya langganan kabel semakin berkembang di kalangan generasi milenial.

Memotong beberapa langganan TV kabel akan membantu Anda menghemat cukup banyak uang setiap bulan yang akan digunakan dengan lebih baik dalam rekening tabungan pensiun.

3. Menggunakan mobil yang sama sementara

Kita semua menyukai gagasan berkeliling dengan mobil baru yang keren, tetapi yang sering tidak kita sadari adalah bahwa kita membuang banyak uang ketika kita bersikeras untuk menukar mobil setiap beberapa tahun atau lebih.

Para ahli mengatakan bahwa ketika seseorang mampu berpegang pada rencana memelihara mobil setidaknya selama 10 tahun, mereka membeli setengah dari jumlah mobil dalam hidup mereka. 

Ini berarti Anda dapat menghemat banyak uang dan lebih siap untuk pensiun jika berkomitmen untuk memiliki mobil yang sama sementara waktu sebelum Anda benar-benar harus menggantinya. 

 

Reporter: Erna Sulistyowati

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: