Sukses

Yuk, Ikuti 6 Strategi Digital Marketing Jitu Ini biar Jualan Laku

Saat pemberlaku PSBB, orang-orang mulai beralih menggunakan platform digital seperti e-commerce untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Liputan6.com, Jakarta Memahami alur digital marketing tentu sangat penting. Terlebih lagi, saat ini bertepatan dengan situasi krisis akibat pandemi covid-19 hingga pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus tersebut.

Saat pemberlaku PSBB, orang-orang mulai beralih menggunakan platform digital seperti e-commerce untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Ini merupakan momen yang tepat bagi untuk mendapatkan banyak konsumen lewat digital marketing. Mengutip dari laman Glints, Senin (3/5/2020), berikut strategi digital marketing untuk membuat bisnis lancar:

1. Tawarkan Diskon pada Produk atau Layanan

Tips pertama untuk memaksimalkan digital marketing adalah dengan mencoba menawarkan diskon kepada produk atau layanan yang diberikan.

Dengan banyaknya diskon yang tersebar dari berbagai kompetitor, konsumen akan memilih diskon yang terbaik dan cocok untuk mereka. Sehingga, anda harus jeli dalam memperhitungkan diskon terhadap produk atau layanan yang anda tawarkan.

2. Fokus Membuat Topik Konten

Sajikan konten kepada konsumen yang berkaitan dengan satu momen, misalkan dengan bulan Ramadan. Hal ini penting agar mereka tertarik untuk melihat produk atau layanan tersebut.

Dengan melakukan strategi seperti ini, tentu akan terjalin hubungan antara anda dengan konsumen sehingga dapat meningkatkan interaksi.

3. Tentukan Waktu yang Tepat

Penting untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukan kampanye digital. Anda harus mengatur kampanye iklan atau pemasaran untuk menjangkau konsumen yang banyak.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menganalisis traffic kampanye produk. Apabila traffic-nya meningkat di waktu tertentu, anda harus memilih waktu itu untuk melakukan campaign.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pastikan Situs Web Cepat

 

Menurut Island Media Management, pada momen tertentu akan ada peningkatan yang drastis dalam penggunaan internet.

Secara khusus, kebanyakan orang akan menghabiskannya lewat handphone ketimbang layar komputer. Dengan demikian, pastikan situs web anda lancar dan cepat saat dibuka melalui handphone. Optimalkan situs web anda terlebih dahulu agar konsumen tifak kecewa dan tetap mengakses laman anda.

5. Fokus Pemasaran Lewat Video

Fokus pemasaran lewat video saat bulan Ramadan adalah salah satu strategi digital marketing yang bagus untuk dilakukan demi meraih interaksi audiens/konsumen yang tinggi.

Menurut Expand Cart, disarankan untuk membuat campaign video lewat Youtube ataupun platform lainnya. Sehingga akan banyak audiens yang melihat video pemasaran produk atau layanan anda.

Terlebih, kebanyakan orang lebih suka melihat secara visual. Jadi, fokus pemasaran lewat video adalah salah satu yang tepat digunakan untuk mengoptimalkan digital marketing.

6. Analisis Laporan Kampanye Iklan

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi atau menganalisis kampanye iklan yang dilakukan dengan rutin. Anda bisa melihatnya melalui tools analisis seperti Google Analytics ataupun sistem analisis yang sudah disediakan oleh platform lainnya seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Analisis atau review ini sangat berguna untuk mengetahui insight dari kampanye iklan yang sudah anda lakukan.

Dengan demikian, ke depannya anda akan semakin mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh audiens terhadap produk atau layanan yang anda tawarkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini