Sukses

Simak, Saran Keuangan dari Miliarder dan Ahli Keuangan Dunia

Liputan6.com, Jakarta Tentunya ada banyak saran dari berbagai sumber untuk mengelola keuanga. Namun beberapa saran dari para miliarder ini bisa menjadi pertimbangan.

Melansir laman CNBC, Rabu (8/1/2019), berikut lima saran dari Mark Cuban dan Warren Buffet, yang bisa diterapkan untuk mengelola keuangan Anda:

1. Abaikan prediksi dari pihak lain

Pada September 2019, seorang pengguna Twitter meminta saran kepada Mark Cuban, untuk bertahan dari potensi resesi mendatang.

Ternyata miliarder itu menawarkan tujuh saran sebagai langkah antisipasi menghadapi penurunan ekonomi. Salah satunya jangan mendengarkan 'pakar' tentang resesi akan datang atau tidak.

Menurutnya, saat ini semua sedang hidup dalam ekonomi global, yang sulit untuk diduga ke depannya. Namun, yang terpenting Anda cukup fokus pada apa yang bisa dikendalikan, seperti menjaga pengeluaran, menabung sebanyak yang Anda bisa, dan konsisten dalam bekerja.

2. Meminta apa yang jadi keinginan

Negosiasi gaji bukanlah percakapan yang mudah untuk dilakukan. Namun, menurut CEO platform investasi digital Ellevest, Sallie Krawcheck, mengatakan bahwa negosiasi gaji yang tepat harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Apabila Anda tidak berani melakukan negosiasi sebelumnya, hari ini bisa menjadi momen tepat.

Menurut Krawcheck, jangan berpikir jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik akan diperhatikan, dan mendapat kenaikan gaji. Melainkan pikirkan cara lain, bahwa berkat kualitas kerja Anda yang baik, bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik pula.

 

2 dari 2 halaman

3. Investasikan diri

Menurut Warren Buffett, investasi terbaik adalah investasi yang tidak berkaitan langsung dengan uang. "Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri," kata Buffet.

Menurutnya, cara terbaik untuk memulai adalah meningkatkan keterampilan komunikasi. Dengan mengasah keterampilan komunikasi, bisa meningkatkan nilai Anda hingga 50 persen.

4. Menabung dan Berinvestasi

Menurut Perencana Keuangan Tom Corley, ada empat jalur utama untuk menjadi seorang miliarder, yakni "Penabung-Investor" adalah yang termudah.

Corley sebelumnya sudah melakukan penelitian kepada 233 orang kaya, mengenai aktivitas, kebiasaan, dan sifat kesehariannya.

Menurutnya, kelompok “Penabung-Investor” biasanya memiliki pendapatan kelas menengah, memiliki biaya hidup rendah dan menghemat 20 persen atau lebih dari pendapatan mereka.

Kemudian mereka menginvestasikan tabungannya di awal dan konsisten berlangsung.

Dengan cara menyimpan dan berinvestasi, bisa menjamin keuangan Anda terkelola dengan baik. Biasanya orang kaya, di usia 30 tahunan mampu mengumpulkan uang mencapai USD 1 juta atau Rp 13 miliar, dan di usia 50 tahunan mampu mengumpulkan kekayaan bersih rata-rata USD 3,3 juta atau Rp 45 miliar.

5. Mulai hari ini

Menurut ahli keuangan Ramit Sethi, jika ingin kaya jangan banyak berbicara, namun memulai untuk melakukan aksi. Serta fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan seperti pikiran dan keyakinan bahwa Anda mampu untuk mengelola keuangan dengan baik.

Setelah Anda mengubah cara berpikir tentang uang, selanjutnya Anda bisa menetapkan tujuan dan membuat rencana mengenai tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

 

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.
    Tips Keuangan
  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.
    Miliarder