Sukses

Cara Mudah Bikin Masa Pensiun Penuh Damai

Liputan6.com, Jakarta Pensiun adalah masa di mana waktunya rehat dan menikmati masa tua dengan hasil jerih payah selama masa muda. 

Banyak orang tak siap menghadapi masa pensiun karena merasa masih kurang dalam hal finansial, karena orang tersebut tidak menyisihkan uang yang cukup untuk masa tuanya. 

Semua orang pasti ingin punya masa tua atau masa pensiun yang tenang tanpa berpikir tentang pekerjaan dan cara bertahan hidup dari kerasnya kehidupan ini. Namun faktanya, tak sedikit orang yang mengalami masa tuanya tetap bekerja keras.

Ia harus tetap bekerja karena tak ingin pensiun dari pekerjaannya yang berarti dia akan berhenti bekerja, sedangkan uang pensiunnya saja masih sangat sedikit. 

Pasti setiap orang ingin memiliki uang pensiunan yang banyak agar di masa tua nanti, tidak perlu berpikir bagaimana melanjutkan hidup jika bekerja dan hanya menikmati masa tua dengan ketentraman.

Jadi, mau seperti apa masa pensiun Anda nanti? Biar masa pensiun Anda terasa aman dan nyaman, begini cara mudah mewujudkannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Menghabiskan Uang Sesaat Setelah Terima Gaji

Saat gajian tiba, ini waktu yang ditunggu-tunggu setelah sebulan bekerja. Ketika gaji cair, rasanya ingin langsung saja menghabiskan untuk membeli apa saja setelah selama sebulan hanya sebatas keinginan terpendam.

Hingga akhirnya, tak terasa uang habis begitu saja sesaat setelah menerima uang gaji. Jangan pernah lagi lakukan hal ini bila tak ingin masa pensiun Anda menjadi berantakan. Masukkan uang gaji yang diterima itu ke dalam pos-pos yang sudah dibuat dan dicatat sebelumnya.

2 dari 3 halaman

2. Mulailah Investasi dari Sekarang Juga

Melakukan Investasi adalah salah satu upaya menjaga keuangan Anda tetap stabil bahkan bisa membuat Anda menjadi kaya raya. Tak sedikit orang yang sukses melakukan investasi dan mendapat keuntungan berlipat ganda.

Sebagai contoh, seseorang berinvestasi selama 15 tahun, dan dari investasinya itu menghasilkan hampir Rp1,5 miliar. Coba Anda bayangkan. Jika Anda mulai berinvestasi dari umur 20 tahun lalu, maka saat berumur 35 tahun, investasi Anda sudah mencapai Rp1,5 miliar.

Dengan uang sebanyak itu dan gaya hidup yang tak hedon, tentu masa pensiun Anda akan tenang tanpa memikirkan tentang uang, uang, dan uang lagi karena Anda sudah memiliki investasi yang menjanjikan.

3. Jangan Enggan Memiliki Instrumen Dana Pensiun yang Banyak

Jika Anda ingin memiliki masa pensiun yang damai dan tentram, maka Anda harus memiliki berbagai banyak tunjangan dana pensiun, sehingga bisa menjamin masa tua Anda nanti. Mulai dari, BPJS Ketenagakerjaan, Dana Pensiun, Tabungan di hari tua, dan lainnya yang dirasa cukup untuk membiayai kehidupan saat Anda sudah pensiun nanti. 

Selagi Anda masih sehat dan bugar, maka kumpulkanlah sebanyak-banyaknya pundi-pundi uang untuk masa tua nanti. Sehingga Anda tak perlu merasa kekurangan saat tubuh Anda sudah tak dapat bekerja lagi. 

3 dari 3 halaman

4. Miliki Aset Jangka Panjang seperti Properti atau Tanah

Selain mengumpulkan uang untuk masa pensiun nanti, Anda juga perlu memiliki beberapa aset yang punya potensi menguntungkan di kemudian hari, seperti tanah, rumah, maupun apartemen. 

Aset-aset tersebut, nilai jualnya akan terus meningkat setiap tahunnya. Dan hal ini pula yang akan menjadi jaminan Anda di kemudian hari saat masa pensiun tiba. Jadi mulailah berupaya untuk memiliki properti walau dengan cara mencicil.

5. Tambah Alokasi untuk Dana Darurat Anda

Bagi Anda yang belum memiliki dana darurat dalam keuangan Anda, sebaiknya segera buat dana darurat dalam keuangan Anda, karena ini sangat penting untuk keuangan Anda kelak. Sebab dana darurat ini akan sangat membantu Anda saat keuangan Anda  memburuk nanti. 

Maka itu kumpulkan dana darurat sebesar 6 sampai 9 kali besaran pengeluaran buat kebutuhan pokok Anda. Caranya, alokasikan minimal 10 persen dari penghasilan bulanan buat dana darurat. Kalau mau lebih cepat terkumpul dana daruratnya, alokasikan 30 persen dari penghasilan.

Buat Anda yang udah punya dana darurat, tingkatkan lagi besaran dana yang Sudah Anda miliki. Tingkatkan dua kali lipat. Misalnya aja dana darurat yang Anda punya Rp30 juta. Tingkatkan nilainya hingga menjadi Rp60 juta.

Simpan dana darurat Anda di deposito atau reksa dana pasar uang agar meningkatkan jumlah uang Anda, tetapi jangan simpan terlalu lama atau pun semuanya dalam bentuk deposito. 

Misal jika Anda sudah memiliki dana darurat sebanyak Rp60 juta, maka sudah cukup uang darurat Anda,  jangan lagi menyimpannya dalam bentuk deposito. Lebih baik sisanya di tabung ke bank atau sebagainya, agar Anda memiliki banyak jaminan dan tabungan untuk masa tua Anda. 

Lakukan Persiapan Secara Matang Demi Hari Tua yang Tenang

Dari langkah-langkah di atas yang harus dilakukan untuk menambah dana pensiun Anda kelak dan menjamin masa tua Anda akan aman dan tenang. Tak sulit, asalkan Anda mau melakukan dan komitmen serta disiplin menjalaninya. Bagaimana? Sudahkah Anda mulai melaksanakan satu dari empat hal di atas?

Loading
Artikel Selanjutnya
Siapa Bilang Milenial Sulit Punya Rumah? Coba Cara Ini
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Investasi yang Kelihatan Hasilnya dalam Jangka Pendek